Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UTY, Magang Di KBRI Thailand

Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UTY, Magang di KBRI Thailand

Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UTY, Magang di KBRI Thailand


Selamat kepada mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), atas nama Vetra Raisha dan Bella Widya, mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional, angkatan 2021, yang berhasil lolos dan mendapat kesempatan magang di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Bangkok, Thailand. Keduanya mendapat kesempatan itu, dan sekarang bertugas di Bangkok, pada bulan lalu.


Di Kantor KBRI Thailand, Vetra mendapat tugas di bagian Fungsi Politik, di mana tugasnya adalah mendukung Duta Besar RI dalam mendorong peningkatan hubungan Bilateral di bidang Politik dan Keamanan antara Indonesia dan Thailand. Semntara Bella, ditempatkan di bagian Fungsi Ekonomi, yang bertugas untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Thailand.


Ditanya terkait bagaimana perasaannya ketika berhasil magang di KBRI Thailand, Vetra mengaku dirinya senang dan bersyukur, karena magang di tempat itu bukanlah sebuah proses yang mudah. “Teman-teman kami dari Universitas lain, bahkan harus menunggu 7 bulan, baru mendapat email bahwa mereka diterima. Kami bersyukur, karena tidak perlu menunggu selama itu, kira-kira 2 minggu sudah mendapat email bahwa kami diterima”, ungkap Vetra.


Sementara itu, Kepala Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Program Sarjana, Adi Wibawa, S.I.P., M.A., menyatakan bahwa magang di Kementerian Luar Negeri, khususnya KBRI, merupakan cita-cita yang selalu diidamkan oleh hampir seluruh mahasiswa jurusan hubungan internasional seluruh Indonesia. Selain itu, mahasiswa magang di KBRI sebenarnya bukan hal baru di Prodi Ilmu HI UTY. Beberapa mahasiswa Ilmu HI sudah lebih dulu magang di KBRI namun program ini terhenti sejenak sejak adanya pandemi Covid-19.


Vetra dan Bella menjadi dua mahasiswa pertama yang kembali magang di KBRI pasca berakhirnya pandemi. Adi berharap kedua mahasiswa tersebut dapat menjadi pionir bagi mahasiswa lain untuk dapat mengikuti prestasi mereka. “Harapan kami, Vetra dan Bella semoga menjadi penyemangat bagi mahasiswa lain untuk mengikuti prestasi mereka dan mampu membawa nama baik UTY di kancah internasional”, ungkapnya.


menu
menu