Mahasiswa Informatika UTY Kembali Raih Prestasi Di Tingkat Internasional

Mahasiswa Informatika UTY Kembali Raih Prestasi di Tingkat Internasional

Mahasiswa Informatika UTY Kembali Raih Prestasi di Tingkat Internasional


Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali raih prestasi yang membanggakan. Kali ini prestasi tersebut berhasil diraih oleh Marchel Andrian Shevchenko, yang merupakan mahasiswa dari Prodi Informatika UTY, angkatan 2020.


Marchel, bersama dengan rekan timnya (berjumlah 5 orang) yang dibentuk secara acak oleh panitia saat mengikuti kompetisi Bio Farma x MIT Hacking Medicine 2023 kemarin, diketahui telah berhasil meraih gelar juara, tepatnya sebagai 2nd Place dalam kategori upstream track saat mengikuti kompetisi tersebut di Bali, tepatnya di Discovery Kartika Plaza Hotel. Total terdapat 200 peserta terpilih, dari 1061 pendaftar yang telah mengikuti kegiatan tersebut, baik peserta yang berasal  dari Indonesia maupun dari beberapa negara lainnya. 


Dalam kompetisi tersebut, Marchel bersama dengan rekan timnya telah berhasil membuat sebuah aplikasi Chatbot, yang diyakini dapat menjadi salah satu solusi atas sejumlah masalah pada industri farmasi, utamanya terkait dengan permasalahan di bidang manufacturing planning.


“Aplikasi kami ini, kami yakini dapat menjadi salah satu solusi yang dapat membantu berbagai perusahaan yang bergerak bidang industri farmasi, dalam rangka untuk memprediksi berbagai trend kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat kedepannya. Terlebih, sumber data yang kami gunakan untuk membuat tren tersebut, akan kami himpun secara langsung dari para konsumen ataupun pasien yang secara aktif memanfaatkan aplikasi tersebut, saat akan mencari rekomendasi obat, ataupun ketika para konsumen tersebut secara mandiri telah meng-upload struk pembelian obat pada aplikasi tersebut” ujar Marcel.


Dekan Fakultas Sains & Teknologi UTY, Sutarman, M.Kom., PhD, yang ditemui di ruangannya, turut menyampaikan apresiasinya kepada Marcel atas raihan prestasinya tersebut. Menurutnya, Prestasi yang telah diraih oleh Marcel ini merupakan sebuah hal yang sangat membanggakan, dan kembali menjadi bukti bahwa mahasiswa UTY selalu mampu untuk bersaing dengan berbagai mahasiswa lainnya (bahkan dengan para praktisi), baik di tingkat nasional maupun internasional.


“Sekali lagi kami ucapkan selamat dan terima kasih kepada Marcel atas raihan prestasi ini. Semoga prestasi ini dapat menjadi bekal tambahan dan pengalaman baru bagi Marcel, untuk menggapai setiap cita-cita yang diinginkan kedepannya” ungkap Sutarman.


menu
menu