Mahasiswa Prodi Arsitektur Dan Teknik Sipil UTY Kembali Raih Prestasi Di Tingkat Nasional

Mahasiswa Prodi Arsitektur dan Teknik Sipil UTY Kembali Raih Prestasi di Tingkat Nasional

Mahasiswa Prodi Arsitektur dan Teknik Sipil UTY Kembali Raih Prestasi di Tingkat Nasional


Ucapan selamat patut diberikan kepada lima mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), yaitu Siti Anzar Muninggar Witama dari Prodi Arsitektur, Fadhilah Ahmad Ibrahim dari Prodi Arsitektur, Hasto Andreawan dari Prodi Arsitektur, Anisa Dewi Ratri dari Prodi Teknik Sipil, dan Muhammad Saifuddin Hizburrahman yang juga merupakan mahasiswa dari Prodi Teknik Sipil. Pasalnya mereka berhasil meraih juara 3 dalam Lomba Essay dan Gagasan Inovatif Mahasiswa Nasional, Bidang Student Innovation Technology Design Competition (SITDeC) tahun 2023, yang digelar oleh Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta pada akhir bulan Juli lalu.


Siti Anzar Muninggar Witama, sebagai Ketua Tim, saat dihubungi mengatakan bahwa ia bangga dengan prestasi ini, dan semoga kedepannya, ia dan timnya dapat meraih prestasi lagi di ajang-ajang berikutnya. “Pastinya senang, melihat karya-karya lain yang bagus-bagus, dan pada akhirnya karya kami masuk nominasi dan meraih salah satu gelar juara”, ucapnya.


Siti dan kawan-kawannya kemarin, mengangkat topik yang cukup menarik untuk dipresentasikan ke dewan juri. Ia beserta tim diketahui telah mengusulkan sebuah desain bertajuk Hydraulic Amphibian Home “Menjawab Tantangan Tren Banjir Rob”, sebagai usaha untuk menghasilkan hunian yang mampu beradaptasi dengan persoalan banjir rob. Banjir rob adalah banjir yang terjadi ketika air laut naik di atas batas normal dan mengakibatkan genangan. Fenomena ini sudah sering terjadi di beberapa kota pesisir, seperti DKI Jakarta, Surabaya, Manado, Makassar, dan Semarang.


Saat diwawancarai, Siti mengaku desainnya ini berusaha menghasilkan jenis hunian yang dirancang untuk mampu beradaptasi dengan kondisi banjir. “Memang desain ini dirancang untuk menghasilkan hunian yang memiliki sistem otomatis yang dapat menaikkan ketinggian rumah ketika banjir datang. Jadi kami meletakkan sensor air di halaman depan, sensor ini akan bekerja ketika air mulai datang”, ujar Siti.


Sementara itu, Puji Utomo, S.T., M.Eng., sebagai dosen yang ikut membimbing dan mendampingi mahasiswa dalam gelaran lomba ini, ikut menunjukkan rasa bangganya. Menurutnya prestasi seperti ini harus terus ditingkatkan. “Selamat kepada Siti dan tim yang sudah mendapatkan gelar juara, prestasi ini bisa menjadi contoh agar mahasiswa UTY lainnya turut terinspirasi dan termotivasi, dalam rangka untuk meraih prestasi-prestasi lain kedepannya”, ungkap Puji.


menu
menu