Mahasiswa Prodi Informatika UTY Kembali Raih Prestasi Di Tingkat Nasional

Mahasiswa Prodi Informatika UTY Kembali Raih Prestasi di Tingkat Nasional

Mahasiswa Prodi Informatika UTY Kembali Raih Prestasi di Tingkat Nasional


Kiprah mahasiswa Program Studi Informatika, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), atas nama Rico Fitra Pratama, patut diapresiasi. Pasalnya, ia kembali mendapatkan gelar juara pada sebuah ajang nasional. Kali ini, Rico berhasil mendapatkan juara 3 (Honorable Mention Future of AI Hack) dalam gelaran Garuda Hacks 4.0 yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanegara pada akhir bulan Juli lalu. Garuda Hacks sendiri adalah ajang kompetisi pengembangan perangkat lunak, di mana para pesertanya harus melakukan pemrograman selama 48 jam penuh.


Rico, bersama dengan tiga mahasiswa lain yaitu, Darrel Danadyaksa Poli dari Universitas Indonesia, Keira Diaz Nabhani dari Universitas Indonesia, dan Azhar Rafiq dari Universitas Mataram, diketahui telah menciptakan inovasi bertajuk “Tak Sendiri”, sebuah aplikasi chatbot untuk menemani  dan mendeteksi orang-orang yang terkena depresi. Chatbot ini menggunakan model khusus agar komputer memahami pola-pola teks orang yang depresi.


Dalam pengakuannya, Rico yang sejak April 2023 lalu, yang diketahui juga telah terpilih sebagai Microsoft Learn Student Ambassador, mengatakan bahwa ia telah menggunakan Microsoft Azure sebagai layanan cloud computing untuk menjalankan aplikasi chatbot tersebut.


Selain itu, ia mengatakan bahwa aplikasinya menggunakan Azure Open AI yang digunakan juga dalam pengembangan aplikasi “Tak Sendiri” untuk membuat chat terasa lebih natural. Rico menambahkan, bahwa dengan aplikasi “Tak Sendiri”, orang-orang bisa dengan mudah dan murah dalam konseling selain itu aplikasi ini juga dapat membantu orang-orang yang terindikasi depresi. Jika terdeteksi depresi maka aplikasi ini akan menghubungkan pengguna dengan tenaga medis profesional untuk membantu pengguna.


Sementara itu, Kaprodi Informatika Program Sarjana, Universitas Teknologi Yogyakarta, Dr. Enny Itje Sela., S.Si., M. Kom., mengungkapkan rasa bangganya pada prestasi Rico. “Prodi tentu bangga dengan segala prestasi yang diukir oleh mahasiswa, dan prestasi ini kembali menjadi bukti yang telah menunjukkan kualitas mahasiswa UTY, yang lagi dan lagi berhasil mengukir prestasi di tingkat nasional. Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada Rico, dan semoga kedepannya Rico dapat berprestasi lagi”, ungkap Enny.


menu
menu