Mahasiswa Prodi Jepang UTY, Magang Satu Tahun Di Jepang

Mahasiswa Prodi Jepang UTY, Magang Satu Tahun di Jepang

Mahasiswa Prodi Jepang UTY, Magang Satu Tahun di Jepang

Program pemagangan ke luar negeri sangat bagus untuk dapat mengembangkan kemampuan dan keahlian mahasiswa.  Bagi sebagian besar mahasiswa Program Studi Bahasa Jepang, magang di Jepang merupakan idaman untuk mengembangkan kemampuan bahasa dari para penutur asli, belajar adat istiadat langsung di negeri Jepang, mengembangkan ketrampilan dengan pengalaman internasional, sekaligus mendapatkan penghasilan yang jumlahnya lumayan besar. 

Melalui kerjasama dengan berbagai lembaga di Jepang, Prodi Bahasa Jepang Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) secara rutin mengirimkan para mahasiswanya untuk melakukan magang di Jepang. Diantara para mahasiswa Prodi Bahasa Jepang UTY yang magang di Jepang adalah Hitachi Setiawan, Hilaria Amisudra, dan Qoid Tsaqib Hasan. Melalui serangkaian seleksi mereka melakukan magang selama 1 tahun di Jepang.  Hitachi dan kedua rekannya berangkat ke Jepang pada tahun 2019 lalu, dan  kembali ke Indonesia pada awal Juli 2020 ini.

Achi, panggilan akrab Hitachi menceritakan bahwa tahapan seleksi yang diikuti mulai dari mengumpulkan curiculum vitae, menuliskan keinginan-keinginan dalam bahasa Jepang, dan wawancara dengan menggunakan bahasa Jepang.  Selama di Jepang Achi tinggal di Hyogo-ken dan bekerja di Hotel Yuamu. Menurutnya, kemampuan bahasa yang diperoleh selama belajar dua semester di UTY, sudah dapat digunakan untuk bersaing mendapatkan kesempatan magang di Jepang. Adapun hal lain yang tidak kalah penting adalah keyakinan diri dan kemauan untuk maju.

Achi menambahkan bahwa banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan mengikuti magang di luar negeri. Selain mendapatkan penghasilan, keberadaan di Jepang meningkatkan kemampuan bahasa, wawasan, ketrampilan dengan standar internasional, networking, dan rasa percaya diri yang tinggi. Mereka juga mendapat sertifikat dari tempat magang. Hal ini tentunya sangat bermanfaat dan sangat berharga sebagai bekal meraih sukses setelah lulus kuliah. 

Selama magang di Jepang, Achi dan kawan-kawan mendapatkan tugas sebagai bentuk pertanggungjawabaan sedang belajar. “Kami mendapatkan tugas untuk membuat laporan mingguan, enam bulanan dan selama satu tahun. Sehingga, meskipun bekerja, namun tetap mengerjakan tugas,” kata Aci. 

Kedatangan kembali Achi dan kawan-kawan disambut oleh Wakil Rektor III UTY, Dr. Eko Setyo Humanika, M.Hum. di Kampus 2 UTY Rabu 7 Juli 2020.  Pada kesempatan itu Eko Setyo menyampaikan bahwa program magang di Jepang akan terus diadakan. Karena terbukti memberikan banyak manfaat kepada mahasiswa. Selain untuk memberikan pengetahuan secara langsung, juga dapat melatih rasa percaya diri kepada mahasiswa, tambahnya.

menu
menu