Mahasiswa Prodi Manajemen UTY Kembali Raih Prestasi

Mahasiswa Prodi Manajemen UTY Kembali Raih Prestasi

Mahasiswa Prodi Manajemen UTY Kembali Raih Prestasi


Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali raih prestasi yang membanggakan. Kali ini, prestasi tersebut berhasil diraih oleh 8 mahasiswa dari Prodi Manajemen UTY, yang tergabung ke dalam 2 tim, yang diketahui telah berhasil meraih kemenangan berupa Best Poster dan Runner Up dalam ajang pembuatan poster yang gelar oleh Universitas Mercu Buana Yogyakarta melalui kegiatan International Conference of Social Entrepreneurship, dengan tajuk utama “Encouraging Social Entrepreneurship to Face Global Challenges”. Kegiatan ini sendiri merupakan ajang internasional, yang telah diikuti oleh berbagai peserta, baik yang berasal dari Indonesia maupun peserta lainnya yang berasal dari negara lain seperti Malaysia.


Adapun mahasiswa yang dimaksud antara lain ialah Estiana Nur Khasanah, Dimas Fardan Natanael, Nadia Nurhananti, dan Bagas Sujatmiko, yang tergabung ke dalam 1 tim yang berhasil meraih “Best Poster” dalam ajang tersebut, dengan judul poster yang diajukan ialah “Ecosura: Energi Conservation”


Sementara itu, tim kedua yang dimaksud terdiri atas 4 mahasiswa juga, atas nama M Dhevieka Prayoga, Dimas Adiyaksa, Rifky Fahrezi, dan Febri Krisopras YK, yang berhasil meraih posisi “runner up” dalam kompetisi pembuatan poster tersebut, dengan judul poster yang diajukan ialah "Lifting Water form Subterranean River".


Saat dihubungi via telepon, Estiana selaku perwakilan dari tim yang berhasil meraih “best poster” dalam ajang tersebut, turut menjelaskan bahwa dalam rancangan desain posternya tersebut, ia bersama dengan timnya berusaha untuk menyampaikan sebuah usulan ide untuk membangun sebuah panel surya, yang berbentuk menyerupai bunga matahari, dengan keunggulan utama bahwa panel surya tersebut dapat menutup secara otomatis, ketika kondisi di sekitar panel tersebut dalam kondisi hujan dan atau ketika hari sudah menjelang malam. Hal ini diusulkan, guna meminimalisir risiko kerusakan, yang kerap terjadi pada panel surya. Selain itu, dalam usulan idenya tersebut, Estiana beserta tim juga menggambarkan dengan baik, bahwa produk panel suryanya tersebut juga dapat bergerak/berputar secara otomatis mengikuti cahaya matahari, sehingga panel surya yang diusulkan tersebut diyakini dapat bekerja lebih maksimal jika dibandingkan dengan panel surya pada umumnya, dan kemudian dapat menjadi opsi solusi agar kedepannya masyarakat semakin tertarik untuk memanfaatkan tenaga listrik panel surya, dan mengurangi penggunaan listrik yang berasal dari PLN.


Sedikit berbeda dengan tim Estiana dan kawan-kawan, Dhevieka dan timnya, dalam ajang tersebut telah merancang sebuah poster, dengan ide utama untuk memberikan opsi solusi, dalam rangka mengatasi permasalahan kemarau panjang yang kerap terjadi di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi DIY. Dalam posternya tersebut, Dhevieka beserta timnya mengusulkan, untuk memperbanyak penggunaan sumber mata air yang berasal dari sungai di bawah tanah, yang cukup mudah untuk ditemukan pada beberapa goa dibawah tanah, yang tersebar di beberapa area Kabupaten Gunung Kidul seperti Wonosari.


Kaprodi Manajemen Program Sarjana UTY, Vera Desy Nurmalia, S.E., M.M., Ak., CA, yang ditemui di ruangannya, turut menyampaikan apresiasinya, atas raihan prestasi yang kembali diraih oleh beberapa mahasiswa dari Prodi Manajemen UTY di tingkat internasional.


“Raihan prestasi ini tentunya sangat membanggakan, dan patut sekali untuk di apresiasi. Sekali lagi, kami ucapkan selamat dan terima kasih kepada Estiana, Dimas, Nadia, Bagas, Dhevieka, Dimas Adiyaksa, Rifky, dan Febri, yang telah berhasil meraih prestasi yang membanggakan ini. Semoga raihan prestasi ini, dapat turut menginspirasi mahasiswa UTY lainnya, untuk semakin termotivasi meraih berbagai prestasi lainnya kedepannya. Kami dari pihak Prodi akan senantiasa bersedia untuk mendampingi” ujar Vera. 


menu
menu