Mahasiswa Prodi Teknik Elektro UTY Berhasil Kembangkan Sebuah Skuter Bertenaga Listrik

Mahasiswa Prodi Teknik Elektro UTY Berhasil Kembangkan Sebuah Skuter Bertenaga Listrik

Mahasiswa Prodi Teknik Elektro UTY Berhasil Kembangkan Sebuah Skuter Bertenaga Listrik


Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Program Sarjana, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), baru-baru ini telah berhasil mengembangkan sebuah karya Tugas Akhir berupa Skuter bertenaga listrik. Karya Tugas Akhir ini telah dikembangkan oleh tiga mahasiswa UTY atas nama Rolland Alawy Samosir, Putu Juwasta, dan Friedrich. Dalam pengerjaannya, ketiga mahasiswa ini diketahui telah dibimbing oleh beberapa dosen dari Prodi Teknik Elektro UTY, yaitu Fredi Prima Sakti, S.Pd., M.Eng., dan Wira Fadlun, S.T., M.Eng.


Skuter listrik karya mahasiswa UTY ini tergolong baru, karena dilengkapi dengan gear yang bisa disesuaikan dengan mode kecepatan dan dilengkapi berbagai sensor, seperti sensor arus, sensor tegangan, sensor suhu, dan sensor ultrasonik. Skuter ini diklaim mampu berjalan dengan kecepatan maksimal 20 km/jam, dan dibutuhkan waktu kira-kira 6 jam untuk men-charge baterai dari 0-100 %, serta mampu berjalan sekitar 3 jam dalam keadaan baterai terisi penuh.


Saat ditemui, Putu Juwasta, sebagai mahasiswa pengembang karya tersebut, menyatakan bahwa Tugas Akhirnya ini ditujukan bagi orang-orang yang ingin memiliki fasilitas untuk kebutuhan mobilisasi jarak dekat dan umumnya digunakan di lingkungan perumahan atau perkotaan.


“Skuter ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang butuh mobilisasi jarak dekat seperti di perkotaan, tempat wisata, atau perumahan”, ungkap Putu.


Kelebihan lain dari skuter ini adalah disematkannya sensor ultrasonik, yang mampu mengenali halangan di lintasannya. “Jadi ketika ada halangan di depan, skuter langsung bisa mengenali dan merespon halangan itu dengan cut off mesin, jadi langsung berhenti”, tambah Putu.


Sementara itu, Fredi Prima Sakti, S.Pd., M.Eng., selaku Kaprodi Teknik Elektro UTY saat ditemui di ruangannya, turut menyampaikan kebanggaannya atas karya mahasiswa tersebut. Ia berharap ke depannya akan muncul karya-karya hebat lainnya dari mahasiswa UTY yang dapat dikembangkan dan bahkan bisa diproduksi secara massal.


“tentu kami sangat bangga atas karya tersebut, dan sekali lagi hal ini telah menjadi bukti bahwa banyaknya karya-karya hebat yang telah berhasil diciptakan maupun dikembangkan oleh mahasiswa UTY. Kedepannya, saya berharap akan muncul karya-karya hebat lainnya yang nantinya dapat dikembangkan oleh mahasiswa UTY lainnya. Kami dari pihak Prodi akan selalu mendukung dan memfasilitasi semua prosesnya” ujar Fredi.


menu
menu