Mahasiswa Psikologi UTY Lolos Hibah Pendanaan Dari Kemdikbud Ristek RI

Mahasiswa Psikologi UTY Lolos Hibah Pendanaan dari Kemdikbud Ristek RI

Mahasiswa Psikologi UTY Lolos Hibah Pendanaan dari Kemdikbud Ristek RI


Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), kembali raih hibah pendanaan dari Pemerintah Pusat. Kali ini, prestasi tersebut di raih oleh 9 mahasiswa dari Prodi Psikologi, melalui Himpunan Mahasiswa Psikologi (Himapsi) UTY. Adapun hibah pendanaan yang dimaksud ialah, hibah atas Program Wira Desa tahun 2021, yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Diketahui bahwa, tim dari UTY tersebut, dinyatakan lolos, dari total 1505 proposal, yang telah diajukan oleh berbagai mahasiswa lainnya dari seluruh Indonesia, baik PTN maupun PTS. Tahun ini, hanya terdapat 81 proposal saja, yang dinyatakan layak dan lolos pendanaan.


Adapun ke-9 mahasiswa dari Prodi Psikologi tersebut ialah Elok Faiqoh, Hewi Hanni, Royan Miftakhul Rochman, Diana Artanti Amelia, Nawang Wulang Larasati, Dwi Hidayatul Fauzan, I Gede Adithya, Alra Nala Gasna, dan Sawung Nugroho Kusuma. Tim ini, diketahui berhasil memperoleh hibah pendanaan, melalui Program Wira Desa tahun ini, hingga Rp30.500.000. Adapun judul proposal yang diajukan tim ini, hingga kemudian tim ini dinyatakan lolos, ialah “Pengembangan Potensi Nira, Kopi, dan Talas melalui Program Pelatihan, dan Pendampingan sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha dan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Plosogaden, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung”.


Ir. Joko Sutopo, ST., MT., IPU, selaku Wakil Rektor IV Bidang Kreativitas, Inovasi dan Kewirausahaan UTY, melalui pesannya, menyampaikan apresiasinya kepada tim mahasiswa dari Prodi Psikologi, yang kembali raih prestasi, dan berhasil lolos pendanaan hibah Program Wira Desa tahun ini. Lebih lanjut Joko menjelaskan bahwa, hal ini kembali menunjukkan kualitas dari mahasiswa UTY, yang mampu berprestasi di tingkat nasional. Mengingat hanya 81 proposal saja yang lolos tahun ini, dari total 1505 proposal yang telah didaftarkan, oleh berbagai mahasiswa di seluruh Indonesia.


Dalam kesempatan ini, Joko juga menjelaskan bahwa, Program Wira Desa ini, merupakan  program pembinaan desa yang berbeda, dengan program hibah pembinaan desa lainnya dari Kemdikbud Ristek, seperti hibah program PHP2D maupun P3D. Melalui program Wira Desa ini, tim yang dinyatakan lolos, akan melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap minimal 3 UMKM yang terdapat di sebuah desa binaan. Tim mahasiswa yang terpilih, akan melakukan pembinaan dan pendampingan dari berbagai aspek, seperti di aspek pemasaran, produksi, manajemen, pengelolaan SDM, hingga edukasi dan penerapan teknologi tepat guna. Tujuannya tentu, agar UMKM yang dibina menjadi lebih maju, sejahtera, dan produk yang dihasilkan mampu bersaing.


Lebih lanjut, Joko juga menyampaikan bahwa, dengan terpilihnya tim mahasiswa dari UTY, pada program ini, besar harapannya agar mahasiswa yang terpilih, dapat memanfaatkan kesempatan ini, untuk turut berkontribusi secara maksimal kepada masyarakat, khususnya dalam pembinaan UMKM.


“Saya berharap, mahasiswa yang diberikan kesempatan ini, agar dapat mengimplementasikan setiap ilmu yang telah mereka dapatkan di bangku perkuliahan, dalam rangka menjalankan setiap program kerja yang telah direncanakan. Selain itu, tentunya dengan mengikuti program ini, besar harapannya akan menambah pengalaman bagi setiap mahasiswa UTY, hingga kemudian akan berdampak pada peningkatan kualitas dari mahasiswa yang bersangkutan kedepannya” ucap Joko dalam pesannya.


menu
menu