Mahasiswa Sastra Inggris UTY Lolos Beasiswa Kuliah Di Eropa

Mahasiswa Sastra Inggris UTY Lolos Beasiswa Kuliah di Eropa

Mahasiswa Sastra Inggris UTY Lolos Beasiswa Kuliah di Eropa


Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), kembali raih prestasi membanggakan. Kali ini, mahasiswa dari Prodi Sastra Inggris Program Sarjana, yaitu Ristan Taufiq Syukrianto, berhasil lolos mendapatkan beasiswa Program “Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)” tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia. Atas beasiswa yang diperoleh tersebut, Ristan Taufiq Syukrianto, akan mengikuti perkuliahan selama 1 semester, di Vyatautas Magnus University, Lithuania. Rencananya, mahasiswa yang terpilih mendapatkan beasiswa ini, akan mulai melakukan perkuliahan, pada bulan September tahun 2021 mendatang.


IISMA merupakan program beasiswa, yang diselenggarakan oleh Kemdikbud RI, untuk membuka kesempatan, bagi mahasiswa Indonesia yang terpilih, untuk mengikuti proses pembelajaran, di berbagai perguruan tinggi bereputasi manapun di dunia. Diketahui, pada tahun ini, hanya terdapat 98 perguruan tinggi di Indonesia (baik PTN maupun PTS), yang berhasil mengirimkan mahasiswanya, untuk mengikuti program ini, dan dapat belajar di berbagai perguruan tinggi di seluruh dunia.


Anang Widodo, S.S., M.Pd, selaku Kaprodi Sastra Inggris Program Sarjana UTY, menyampaikan apresiasi dan rasa bangga, atas lolosnya salah satu mahasiswa dari prodi Sastra Inggris, yang berhasil mendapatkan beasiswa ini, dari sekian banyak mahasiswa di Indonesia yang telah mendaftar. Lebih lanjut, Anang menyampaikan bahwa, dengan lolosnya mahasiswa UTY dalam program beasiswa ini, kembali menunjukkan kualitas mahasiswa UTY, yang mampu bersaing dengan sekian banyak mahasiswa di Indonesia, baik dari PTN maupun PTS.


“Bangga sekali ketika kami mendapati kabar, bahwa Ristan berhasil lolos, dan akan segera berangkat kuliah di Eropa selama 1 semester. Lolosnya Ristan, sebenarnya sudah kami prediksi sejak awal, karena persiapannya, untuk mengikuti seleksi program ini, sejak awal memang sudah dipersiapkan dengan matang, dan pada dasarnya anaknya memang cerdas, tekun, dan yang paling penting, Ristan ini mau belajar. Selain itu, Ristan memang kami kenal, sangat aktif mengikuti berbagai jenis perlombaan, dan kami rasa itu menjadi bekal yang sangat baik, dan berdampak positif untuk Ristan, kaitannya dalam mengikuti program ini. Terakhir, Ristan baru saja memenangkan kategori sebagai favorite speaker, dalam perlombaan di tingkat nasional, yaitu UNY National English Competition 2021” ucap Anang.


Mengakhiri pesannya, Anang menjelaskan bahwa, memang sejak awal baik Fakultas, Prodi hingga Bidang KHI (Kemitraan dan Hubungan Internasional) UTY, telah melakukan pendampingan dan membimbing mahasiswa UTY, yang akan mengikuti seleksi program beasiswa ini. Pendampingan dilakukan sejak awal, dimulai dari proses penyiapan berkas administrasi, hingga persiapan untuk mengikuti tes wawancaranya. Sehingga, semuanya telah dipersiapkan dengan sangat matang, dan terbukti, terdapat mahasiswa UTY yang lolos mendapatkan beasiswa ini.


menu
menu