Mahasiswa Teknik Elektro UTY Raih Prestasi Membanggakan

Mahasiswa Teknik Elektro UTY Raih Prestasi Membanggakan

Mahasiswa Teknik Elektro UTY Raih Prestasi Membanggakan

 

Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali meraih prestasi. Kali ini, prestasi tersebut berhasil diraih oleh mahasiswa dari Prodi Teknik Elektro Program Sarjana. Tepatnya, pada penghujung akhir tahun ini, terdapat 3 mahasiswa Prodi Teknik Elektro UTY, berhasil terpilih sebagai penerima program pendanaan penelitian, atas Program Talenta Inovasi Indonesia Gelombang ke-2 tahun 2021. Program ini diketahui merupakan program pendanaan berupa insentif, yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI bagi mahasiswa di berbagai jenjang, mulai dari mahasiswa pada jenjang Sarjana, Magister hingga Doktor. Diketahui bahwa, ketiga mahasiswa UTY tersebut, telah terpilih sebagai penerima pendanaan dari program tersebut, dari sekian banyak mahasiswa yang telah mendaftar. Pendaftar untuk gelombang kedua ini, diketahui mencapai lebih dari 2000 pendaftar, dari seluruh Indonesia.

 

Ketiga mahasiswa UTY tersebut, telah berhasil memperoleh pendanaan ini, atas pengerjaan skripsi yang telah dilakukan oleh ketiganya. Adapun ketiga mahasiswa tersebut ialah Dani Supriyadi, yang mendapatkan pendanaan atas skripsinya yang berjudul  “Rancang Bangun Sistem Kendali Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak Berbasis Metode PID”; Theo Anriko, yang juga mendapatkan pendanaan atas pengerjaan skripsinya yang berjudul “Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kesehatan dan Lokasi Pendaki Berbasis IoT”; dan yang terakhir ialah Adhyaksa Nainggolan, yang turut berhasil memperoleh pendanaan atas skripsinya yang berjudul “Implementasi Machine Learning untuk Prediksi Data yang Hilang pada Sistem Pemantauan Daya RST dengan Aplikasi Matlab”.

 

Fredi Prima Sakti, S.Pd., M.Eng, yang merupakan Kaprodi Teknik Elektro Program Sarjana UTY, turut menyampaikan apresiasinya dan rasa bangganya kepada ketiga mahasiswanya tersebut. Fredi juga turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ms Hendriyawan A, S.T., M.Eng., Ph.D yang merupakan dosen pembimbing skripsi dari ketiga mahasiswa tersebut.

 

“Tentunya saya merasa sangat bangga atas prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa kami tersebut. Terlebih, ketatnya persaingan untuk mendapatkan pendanaan tersebut, dengan jumlah pendaftar mencapai ribuan pada gelombang ini. Sehingga, tentunya hal ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan, dan kembali menjadi bukti, bahwa mahasiswa UTY selalu mampu bersaing dengan berbagai mahasiswa pada skala nasional, baik mahasiswa dari PTN maupun PTS” ucap Fredi saat ditemui di ruangannya.

 

Mengakhiri pesannya, Fredi berharap kedepannya akan semakin banyak mahasiswa UTY, khususnya dari Prodi Teknik Elektro, agar dapat menerima program pendanaan penelitian sejenis ini. Kami dari pihak Prodi, akan senantiasa untuk mendampingi dan membimbing setiap mahasiswa UTY, yang berkeinginan untuk mengikuti program serupa.



menu
menu