Mahasiswa UTY Kembali Lolos Hibah Pendanaan Dari Pemerintah

Mahasiswa UTY Kembali Lolos Hibah Pendanaan dari Pemerintah

Mahasiswa UTY Kembali Lolos Hibah Pendanaan dari Pemerintah


Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali raih hibah dari Pemerintah. Melalui UTY Creative Center, 12 mahasiswa UTY kembali berhasil memperoleh bantuan pendanaan dari Pemerintah, untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan pada sebuah desa. Hibah yang dimaksud ialah, hibah untuk pelaksanaan Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) RI. Adapun judul proposal dari tim mahasiswa UTY tersebut, hingga kemudian berhasil mendapatkan hibah ini, ialah “Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Pengembangan Wisata Edukasi Kreatif, dengan Inovasi Produk Unggulan dari Komoditas Nira Kelapa, di Samongari Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo”. Diketahui, melalui pendanaan ini, tim mahasiswa UTY berhasil mendapatkan bantuan pendanaan, hingga sebesar Rp 47.700.000.


Adapun tim mahasiswa dari UTY yang berhasil mendapatkan hibah tersebut, ialah Chintya Catur Masnescha Sari dari prodi Sistem Informasi, Reza Nurcahya dari prodi Arsitektur, Kaso Rajab dari prodi Sistem Informasi, Nofa Khassantun dari prodi Ilmu Komunikasi, Wismar Putra Muhdar Syukur dari prodi Psikologi, Seraya Asiel dari prodi Psikologi, Lisa Khaerunisa dari prodi Psikologi, Lydia Wiyatamara dari prodi Akuntansi, Putri Lestari Ginting dari prodi Sistem Informasi, Dhea Tharuni Putri dari prodi Akuntansi, Widya Yahya Romadhonid dari prodi Informatika, dan Ondosan Sinaga yang juga merupakan mahasiswa Informatika.


Perlu diketahui bahwa, hibah P3D ini merupakan program bantuan pendanaan, yang hanya diberikan kepada mahasiswa, melalui sebuah organisasi kemahasiswaan, yang sebelumnya pernah mendapatkan, hibah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dari Kemdikbud Ristek. Artinya, hibah P3D memang ditujukan pada tim mahasiswa, yang sebelumnya sudah memiliki desa binaan, melalui hibah PHP2D. Namun, tidak semua penerima hibah PHP2D tersebut, dapat memperoleh hibah P3D ini, dikarenakan pihak pemerintah, kembali melakukan seleksi secara nasional. Tahun ini, diketahui hanya 67 organisasi kemahasiswaan dari PTN maupun PTS, yang dinyatakan layak dan lolos untuk mendapatkan hibah ini.


Joko Sutopo, S.T., M.T, selaku Wakil Rektor IV Bidang Kreativitas, Inovasi dan Kewirausahaan UTY, dalam pesannya menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat, kepada tim mahasiswa UTY, yang sekali lagi mampu membuktikan, dapat bersaing secara ketat pada level nasional, dengan berbagai mahasiswa dari Perguruan Tinggi se-Indonesia, hingga kemudian dapat lolos pendanaan dari Kemdikbud Ristek ini. Mengingat, tahun ini hanya 67 tim saja yang dinyatakan layak dan lolos, dan tim dari mahasiswa UTY ialah salah satunya.


Melanjutkan pesannya, Joko berharap, agar tim mahasiswa yang lolos pendanaan ini, agar dapat dengan maksimal melakukan pembinaan dan pemberdayaan atas desa binaannya tersebut.


“Kepada tim mahasiswa UTY yang terpilih, semoga proses implementasinya atas program yang diajukan dalam hibah ini, agar dapat dikerjakan secara maksimal. Tentunya, UTY melalui dosen-dosen yang ditunjuk, akan melakukan pendampingan dan pembinaan, pada proses implementasi tersebut. Selain itu, mari kira manfaatkan momen dan kesempatan ini, untuk dapat membantu masyarakat desa tersebut, agar kemudian UMKM dan program lainnya, yang dibangun dapat semakin berkembang kedepannya, dan dapat segera mewujudkan setiap target, yang menjadi harapan setiap masyarakat dari desa tersebut” kata Joko melalui pesannya.


menu
menu