Mahasiswa UTY Lolos Sebagai Penerima Insentif PKM-AI Tahun 2021

Mahasiswa UTY Lolos Sebagai Penerima Insentif PKM-AI Tahun 2021

Mahasiswa UTY Lolos Sebagai Penerima Insentif PKM-AI Tahun 2021

Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali raih prestasi nasional. Adapun mahasiswa yang meraih prestasi tersebut, semuanya berasal dari prodi Perencanaan Wilayah Kota (PWK). Tepatnya terdapat 6 mahasiswa, yang terdiri atas 2 tim, berhasil lolos dan terpilih sebagai penerima insentif Program Kreativitas Mahasiswa – Artikel Ilmiah (PKM-AI), yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) RI. Kedua tim yang lolos tersebut, diketahui masing-masing memperoleh insentif dari pemerintah, sebesar Rp 3.000.000. Sehingga secara total, tahun ini mahasiswa UTY memperoleh insentif PKM-AI yaitu sebesar Rp 6.000.000.


Tim pertama dari UTY yang lolos hibah ini, merupakan tim yang diketuai oleh Chelia Ade Aqilha, dengan anggota sebanyak 2 orang, yaitu Beatriks Bay dan Andi Sofie Febrina Salshabila. Tim ini menulis artikel ilmiah, dengan judul “Arahan Pengembangan Transportasi untuk Integrasi Objek Wisata di Kabupaten Gunung Kidul”. Tim ini diketahui, dibimbing langsung oleh salah satu dosen di prodi Perencanaan Wilayah Kota UTY, yaitu Annisa Mu’awanah Sukmawati, ST., M.T.


Sedangkan untuk tim kedua dari UTY, merupakan tim yang diketuai oleh Muhammad Fahmi Faiz Fauzan, dengan anggotanya juga sebanyak 2 orang, yaitu Anisa Zulfa Aidiah dan Oktavia Bernadetha. Tidak berbeda dengan tim yang pertama, tim ini juga dibimbing langsung oleh Annisa Mu’awanah Sukmawati, ST., M.T. Adapun judul, dari artikel ilmiah yang ditulis oleh tim ini, ialah “Strategi Kelembagaan dalam Pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Bantul, Provinsi D.I. Yogyakarta”.


Perlu diketahui bahwa, PKM-AI merupakan salah jenis PKM yang ditawarkan oleh Kemdikbud Ristek pada tahun ini, dengan tujuan untuk memberikan, pengalaman bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi, untuk dapat menghasilkan sebuah karya tulis ilmiah. Hasil penulisan artikel tersebut, dapat bersumber dari berbagai macam hasil kegiatan akademik lainnya, dalam bidang pendidikan, penelitian, ataupun pengabdian kepada masyakarat, yang dikerjakan secara kelompok. Adapun contohnya, dapat bersumber dari kegiatan praktik lapangan, KKN, PKM, magang dan lain sebagainya.


Joko Sutopo, S.T., M.T, selaku Wakil Rektor IV Bidang Kreativitas, Inovasi dan Kewirausahaan UTY, melalui pesannya menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya, atas terpilih mahasiswa UTY, sebagai penerima insentif PKM-AI dari Pemerintah tahun ini. Hal ini, kembali membuktikan, kualitas dari mahasiswa UTY, yang mampu bersaing secara nasional, dengan berbagai mahasiswa dari PTN maupun PTS di Indonesia.


Lebih lanjut, Joko juga menjelaskan bahwa, semoga dengan terpilihnya mahasiswa UTY, yang berhasil memperoleh insentif dari pemerintah ini, harapannya akan semakin memotivasi, bagi mahasiswa UTY lainnya untuk selalu berkarya.


“PKM itu jenisnya banyak sekali, sehingga mahasiswa dapat memilih jenis PKM, sesuai dengan minatnya masing-masing. Kedepannya, dengan banyak mahasiswa UTY, yang lolos pendanaan PKM pada tahin ini, semoga akan menjadi pemicu, bagi mahasiswa lainnya untuk selalu berkarya, dan tentunya, dalam prosesnya nanti, kami dari UTY akan selalu siap untuk membina dan mendampingi setiap mahasiswa UTY.


menu
menu