Mahasiswa UTY Raih Juara 2 Kompetisi Big Data Di Tingkat Internasional

Mahasiswa UTY Raih Juara 2 Kompetisi Big Data di Tingkat Internasional

Mahasiswa UTY Raih Juara 2 Kompetisi Big Data di Tingkat Internasional


Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), kembali raih prestasi di tingkat internasional. Prestasi kali ini, kembali diraih oleh Marchel Andrian Shevchenko, yang merupakan mahasiswa Prodi Informatika angkatan tahun 2020. Marchel berhasil meraih juara 2 bersama dengan rekan timnya, dalam kompetisi internasional big data yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Adapun kompetisi yang dimaksud ialah International Big Data Idea-Thon, yang merupakan rangkaian dari kegiatan International Virtual Course (IVC-118). Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 16 hingga 27 Agustus 2021. Diketahui juga bahwa, pada tahun ini peserta yang mengikuti kompetisi big data tersebut, berasal dari 10 negara dan diikuti lebih dari 70 Perguruan Tinggi besar (PTN maupun PTS) dari seluruh Indonesia. Total, tahun ini terdapat 200 peserta, dengan berbagai latar belakang disiplin ilmu yang berbeda, yang kemudian dibentuk menjadi 45 tim oleh panitia, dalam rangka mengikuti kompetisi tersebut.


Seperti yang disampaikan sebelumnya, International Big Data Idea-Thon ini merupakan rangkaian dari kegiatan International Virtual Course. Artinya, selain mengikuti kompetisi di bidang big data, setiap peserta juga akan mengikuti perkuliahan di ITB sebanyak 2 SKS, tepatnya setiap peserta akan mengambil mata kuliah Ekonofisika. Perkuliahan tersebut, akan langsung diajarkan oleh 12 dosen profesor asing dari berbagai negara seperti dari negara Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Korea Selatan, China, India, Malaysia, Turki, Jepang, dan lain-lain.


Adapun topik yang diambil dari kompetisi big data ini, ialah bagaimana setiap peserta lomba, dapat mengimplementasikan penggunaan big data, untuk dapat menjadi solusi atas berbagai persoalan pada sosio-ekonomi, yang saat ini sedang terjadi. Terutama kaitannya dengan pemulihan ekonomi, pada masa pandemi saat ini dan tentunya juga untuk masa depan. Atas topik tersebut, tim dari Marchel diketahui mengangkat topik untuk membuat aplikasi “Hommy”. Aplikasi ini dirancang, sebagai aplikasi untuk memesan penggunaan jasa asisten rumah tangga (ART) di berbagai kota besar Indonesia. Pada prototype yang diusulkan, Marchel menyampaikan bahwa, melalui aplikasinya tersebut, para pengguna akan diberikan fasilitas untuk memesan 6 jenis tipe jasa ART, seperti jasa household assistant, chef assistant, elderly helper, babysitter, gardener hingga driver. Semua proses pemesanan, wawancara hingga pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi tersebut. Adapun, dalam rangka membuat aplikasi tersebut, Marchel diketahui tergabung dalam tim, yang berasal Tokyo Metropolitan University, Instititut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sumatera, dan Universitas Muhammadiyah Surabaya.


Dr. Endy Marlina, MT, selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UTY, melalui pesannya menyampaikan rasa syukur dan bangga atas prestasi yang telah diraih oleh Marchel tersebut. Ia menyampaikan bahwa, dengan prestasi yang telah diraih oleh Marchel tersebut, hal ini kembali menjadi bukti, bahwa mahasiswa UTY dapat bersaing dengan berbagai mahasiswa, tidak hanya pada level nasional, namun hingga level internasional.


“Luar biasa prestasi yang telah diraih oleh Marchel tersebut, terutama lomba yang dimenangkan ini, merupakan kompetisi bergengsi di level internasional, bahkan banyak sekali peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai kampus besar baik di Indonesia maupun dari luar negeri, seperti mahasiswa dari Nanyang Technological University Singapura, Osaka University Jepang, Universidad de Sevilla Spanyol, University Sains Malaysia, Universiti Kebangsaan Malaysia, UI, UGM, ITB, UNDIP, UNAIR dan masih banyak lagi. Tentunya hal ini, akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi Marchel. Selain itu, kami lihat Marchel ini memang salah satu mahasiswa yang berprestasi di Fakultas Sains dan Teknologi, bahkan sebelumnya Marchel juga baru saja terpilih sebagai The Most Creative Mentees dalam kegiatan MentorKU yang diselenggarakan oleh Telkom Indonesia. Sehingga besar harapan kami kedepannya, atas berbagai prestasi yang telah diraih oleh Marchel ini, dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa UTY lainnya, untuk selalu berkarya dan mengikuti berbagai jenis kompetisi sesuai dengan minat masing-masing” ucap Endy dalam pesannya.


menu
menu