Mahasiswa UTY Raih Prestasi Tingkat Dunia

Mahasiswa UTY Raih Prestasi Tingkat Dunia

Mahasiswa UTY Raih Prestasi Tingkat Dunia


Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), kembali raih prestasi membanggakan. Kali ini prestasi tersebut berhasil diraih oleh Cahya Mustofa dan Rico Fitra Pratama, yang merupakan mahasiswa dari Prodi Informatika UTY. Keduanya bersama dengan salah satu mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM), yang tergabung dalam 1 tim, diketahui berhasil meraih juara dunia dalam ajang Intel AI Global Impact Festival, yang diselenggarakan secara daring oleh perusahaan multinasional chip semikonduktor, Intel Corporation. Pemenang lomba ini diumumkan tanggal 29 Desember 2022 lalu. Adapun mahasiswa UGM, yang turut tergabung dalam 1 tim yang sama dengan Cahya dan Rico tersebut ialah Aretha Putri, mahasiswa Kedokteran UGM.


Cahaya, Rico, dan Putri, secara mendetail berhasil menyabet gelar juara Country Winners dalam kategori usia lebih dari 18 tahun, setelah berhasil mengalahkan peserta-peserta internasional dari 25 negara lain, seperti dari Jepang, Polandia, Korea Selatan, Malaysia dan Singapura. Pemenang lomba ini, diketahui telah mendapatkan hadiah sebesar $1000 dan sertifikat dari Intel.


Dalam lomba ini, Cahaya, Rico, dan Putri memperkenalkan inovasi yang bertajuk, DiaDiet: Diabetes Melitus Diatery Consultant. Inovasi ini bertolak dari tesis, bahwa penderita diabetes harus mengontrol pola makan dan jumlah kalori untuk mengurangi risiko penyakit. Kemudian mereka bertiga memperkenalkan inovasi Artificial Intelligence (AI) berupa foto yang dapat dengan mudah memindai tingkat kalori sebuah makanan. Jadi, sebelum makanan disantap, seseorang dapat memindai jumlah kalorinya hanya dengan memfoto makanan tersebut.


Saat ditanya terkait pentingnya inovasi dalam bidang AI, Rico Fitra Pratama, menyatakan bahwa inovasi dalam bidang AI penting dikerjakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan berbagai jenis masalah, “Inovasi dalam bidang AI amat penting, apalagi jika AI menjadi solusi yang efisien dan murah untuk menyelesaikan persoalan manusia”, ujar Rico.


Sementara itu, Dekan Fakultas Sains & Teknologi UTY, Sutarman, M.Kom., Ph.D., menyatakan dukungannya agar mahasiswa untuk terus berprestasi dan memenangkan lomba di berbagai tingkat/level, termasuk di tingkat internasional, apalagi lomba tersebut dapat menghasilkan inovasi yang bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan dalam masyarakat.


“Tentu kita akan selalu mendukung mahasiswa UTY, agar terus dapat berprestasi dan memenangkan berbagai jenis perlombaan, terlebih jika lomba-lomba tersebut dapat menghasilkan output yang bisa dimanfaatkan untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi dalam masyarakat”, ungkap Sutarman.


Mengakhiri pesannya, Sutarman juga menyampaikan harapannya, agar melalui prestasi yang telah diraih oleh Rico dan Cahya ini, dapat turut memotivasi bagi mahasiswa UTY lainnya, agar senantiasa berusaha untuk meraih berbagai jenis prestasi, sesuai dengan bakat dan minat masing-masing. 


menu
menu