Menuju UTY Hebat, Indonesia Maju

Menuju UTY Hebat, Indonesia Maju

Menuju UTY Hebat, Indonesia Maju

RevolusiIndustri 4.0 dan Society 5.0 menjadi hal yang pasti dihadapi. Untuk menyiapkan generasi yang siap menghadapi Revolusi tersebut, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menyambut Mahasiswa Baru UTY Tahun Akademik 2019/2020 dengan tema “Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, Untuk UTY Hebat, Indonesia Maju”. Acara penyambutan Mahasiswa Baru UTY 2019/2020 menghadirkan Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi, Kemenristek Dikti RI dan KAPOLDA DIY.

Dalam sambutannyapada acara tersebut, Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA., menyampaikan bahwa dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, UTY menyiapkan mahasiswa untuk memiliki kemampuan literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia.Bambang Moertono, menyampaikan bahwa literasi data sangat dibutuhkan saat ini guna meningkatkan skill dalam mengolah dan menganalisis big data. Sedangkan literasi teknologi dibutuhkan untuk memanfaatkan teknologi digital dalam mengolah data dan informasi. Kedua kemampuan literasi tersebut menurut Bambang Moertono harus diiringi dengan penguasaan literasi manusia, yang berupa kemampuan danketerampilan manajerial, kerja sama, adaptasi dengan kemajuan teknologi informasi, dan keahlian lain yang mendukung lahirnya kreativitas dan inovasi.

Untuk mendukung penyiapan mahasiswa tersebut, Bambang Moertono mengugkapkanbahwa UTY terus berupaya meningkatkan sarana prasarana dan kualitas proses belajar mengajar, serta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun luar negeri. Saat ini semua mahasiswa UTY diberi fasilitas gratis aktivasi software Windows 10 dan Microsoft 365 dan penyimpanan online melalui One Drive per mahasiswa 5 terabyte dan email uty.ac.id, serta sertifikasi Microsoft internasional.

Usai menyampaikan sambutan, Rektor UTY secara simbolis memakaikan jas almamater secara simbolis kepada empat mahasiswa perwakilan dari masing-masing Fakultas di lingkungan UTY. Selain itu juga dilakukan penyerahan kartu mahasiswa oleh Wakil Rektor 1, Bidang Akademik dan Riset, Dr. Arief Hermawan, MT.

Dalam kuliah perdana penyambutan Mahasiswa Baru UTY Tahun Akademik 2019/2020, Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi, Kemenristekdikti RI, Dr. Totok Prasetyo, B. Eng., M.T., menyampaikan materi tentang pentingnya perubahan mindset mahasiswa. Menurut Totok Prasetyo, kesuksesan harus direncanakan sejak awal. Kesuksesan tidak akan datang secara tiba-tiba. Menurutnya, konsep meraih sukses adalah DUIT yang merupakan kepanjangan dari kata Doa, Usaha, Istiqomah, dan Tawakal. Keempat komponen DUIT tersebut merupakan perencanaan dalam membentuk karakter yang harus dituangkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Totok Prasetyo, pendidikan bukan hanya upaya meningkatkan daya pikir. Namun pendidikan harus kompleks mulai dari kemampuan pikir, kemampuan olah rasa(hati), kemampuan adaptasi, dan kemampuan lain yang terkait.

“Saudara-saudara sudah memutuskan untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Sehingga Saudara harus bertanggung jawab atas keputusan untuk kuliah tersebut,” kata Totok Prasetyo. Ia menyampaikan bahwa melanjutkan studi merupakan sebuahkesempatan emas, sebab tidak semua generasi muda Indonesia bisa menikmati pendidikan tinggi. “Jangan sia-siakan orang-orang yang telah mendukung studi Saudara, dengan segala upaya dan pengorbanannya, terutama orang tua. Dengan pendidikan yang semakin tinggi diharapkan Saudara-saudara akan menjadi orang yang sukses dan semakin mampu menyederhanakan permalasahan. Dengan berpikir sederhana, everthing will be simple,”kata Totok Prasetyo.

Sementara itu, Kapolda DIY menyampaikan materi pencegahan radikalisme, bahaya narkoba, dan bahaya penyebaran berita negatif melalui media sosial yang terdiri berita bohong (hoax), berita palsu (fake news), penyebaran kebencian (hate speech), dan pencemaran nama baik.

menu
menu