Menwa Agni Yudha UTY Raih Juara Umum Long March Nasional

Menwa Agni Yudha UTY Raih Juara Umum Long March Nasional

Menwa Agni Yudha UTY Raih Juara Umum Long March Nasional

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Teknologi Yogyakarta tiada henti meraih prestasi. Prestasi kali ini diperoleh UKM Resimen Mahasiswa “Agni Yudha” Universitas Teknologi Yogyakarta yang berhasil mendapatkan juara umum LombaLong March Merah Putih Nasional yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2019 oleh Menwa SAT.832 / Garuda Cakti Bhirawa Anoraga/Korwil IV Universitas Merdeka Madiun.

Lomba Long March diikuti kurang lebih 50 tim Menwa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Menwa “Agni Yudha” UTY mengirimTim yang terdiri Bagas Satriyo (S1 Akutansi 2017), Danieli Gulo (S1 TeknikSipil 2018), dan Cholif Ardery Harison (S1 Teknik Informatika 2018).

Lomba Long March merupakan ajang lomba berjalan jauh dengan melewati berbagai medan rintangan. Juara dari lomba ini ditentukan dari kecepatan mencapai finish. Adapun komponen lain sebagai pendukung adalah Peraturan Baris Berbaris (PBB), Penampilan, Semangatdan Kekompakan.Bagas Satriyo menyampaikan bahwa tim Menwa UTY berhasil mencapai garis finish tercepat. Selain itu komponen lain juga dinilai oleh panitia sebagi tim yang unggul. Sehingga Tim UTY selain menjadi juara 1 di sisi kecepatan juga dinobatkan menjadi juara umum. Sebagai Kepala Urusan Pendidikan dan Pelatihan, Bagas menjelaskan mengenai alasan untuk mengikuti lomba tersebut, yakni untuk berprestasi dan memberikan kebanggaan pada orang tua dan keluarga, satuan, serta kepada UTY. Menwa Agni Yudha UTY mempersiapkan lomba ini dengan latihan berbulan-bulan sebelumnya. Latihan lebih intensif dilakukan 14 hari sebelum mengikuti lomba itu, ungkapnya.

“Persiapan intensif lomba kami lakukan dengan berlari setiap hari minimal 3 km, latihan keseimbangan, latihan long march kurang lebih 20 km, kecepatan dan ketangkasan serta menjaga pola makan dan tes kesehatan” tutur Bagas. Lomba Long March kali ini memiliki spesifikasi penilaian yang sangat beragam seperti Peraturan Penghormatan Militer (PPM), kekompakan, kreatifitas dan kecepatan.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni & Komunikasi UTY, Drs. Rokhmat, M.M., C.A., Ak. menyampaikan apresiasi atas prestasi Menwa UTY. Rokhmat menyampaikan, selain meraih berbagai prestasi, manfaat lain yang didapatkan dari keaktifan Menwa UTY mengikuti berbagai kegiatan lomba adalah adanya kesempatan untuk bertemu dengan banyak resimen mahasiswa se-Indonesia. Hal ini memberikan keakraban dan bertukar pengalaman yang dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan.

menu
menu