Pamerkan Karya Inovatif Yang Dihasilkan Oleh Mahasiswa, UTY Kembali Menggelar Kegiatan Expo

Pamerkan Karya Inovatif yang Dihasilkan oleh Mahasiswa, UTY Kembali Menggelar Kegiatan Expo

Pamerkan Karya Inovatif yang Dihasilkan oleh Mahasiswa, UTY Kembali Menggelar Kegiatan Expo


Pada hari Sabtu (27/1) kemarin, sejumlah Prodi di lingkungan Fakultas Sains & Teknologi dan Program Pascasarjana Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), diketahui telah menggelar kegiatan expo yang menampilkan berbagai karya inovatif yang telah dihasilkan oleh mahasiswa dari Fakultas tersebut melalui mata kuliah capstone project. Adapun karya yang dipamerkan tersebut merupakan produk yang telah dihasilkan oleh berbagai mahasiswa dari Prodi Informatika Program Sarjana, Teknik Elektro Program Sarjana, Teknik Komputer Program Sarjana, Sistem Informasi Program Sarjana, Informatika Medis Program Sarjana, Sains Data Program Sarjana, Manajemen Program Magister, Teknologi Informasi Program Magister, hingga dari Prodi Ilmu Manajemen Program Doktor.


Acara expo tersebut telah digelar secara luring, bertempat di area Kampus 1 UTY. Selain memamerkan produk mahasiswa, pada hari tersebut, mahasiswa yang terlibat menjadi peserta juga turut diminta untuk mempresentasikan karya yang telah dihasilkannya tersebut kepada Dosen maupun penguji eksternal (praktisi), yang diundang secara khusus untuk melakukan penilaian atas produk-produk yang telah dihasilkan oleh berbagai mahasiswa dari Fakultas Sains & Teknologi dan Program Pascasarjana yang telah mengambil capstone project pada semester kemarin.


Dr. Endy Marlina, M.T, selaku Dekan Fakultas Sains & Teknologi UTY, yang ditemui di ruangannya menjelaskan bahwa, pada prinsipnya kegiatan pameran ini telah menjadi kegiatan rutin yang digelar oleh sejumlah Prodi di Fakultas Sains & Teknologi maupun pada Program Pascasarjana UTY melalui mata kuliah capstone project, dalam rangka untuk memberikan wadah dan kesempatan sekaligus sebagai bentuk apresiasi kepada mahasiswa untuk menampilkan berbagai karya inovatif yang telah dihasilkan mereka selama mengikuti mata kuliah tersebut.


“Expo atau pameran ini memang kami gelar secara rutin dalam rangka untuk memamerkan berbagai karya inovatif terpilih yang dihasilkan oleh berbagai mahasiswa yang mengambil mata kuliah capstone project. Bahkan dalam kegiatan tersebut, kami turut mengundang sejumlah praktisi sebagai penguji eksternal, untuk melakukan evaluasi dan penilaian atas karya-karya inovatif yang telah dihasilkan oleh mahasiswa. Hal ini kami lakukan, dalam rangka untuk melihat seberapa relevan materi yang telah disampaikan selama proses belajar mengajar, yang kemudian akan terlihat melalui karya inovatif yang telah dihasilkan oleh mahasiswa tersebut, dengan kebutuhan industri saat ini. Tentu, hasil evaluasi dari para praktisi tersebut, akan menjadi input penting untuk semakin meningkatkan kualitas PBM yang akan digelar oleh UTY kedepannya.


Melanjutkan penjelasannya, Endy juga menjelaskan bahwa melalui capstone project ini, mahasiswa memang dituntut dan dibimbing untuk menghasilkan berbagai karya inovatif yang memang dirancang secara khusus, sebagai sebuah solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah atau kasus real yang terjadi. Maka dari itu, Endy juga mengungkapkan bahwa karya inovatif yang dihasilkan melalui capstone project ini, juga diharapkan dapat menjadi embrio, yang nantinya dapat digunakan oleh mahasiswa UTY dalam menyusun tugas akhirnya.


Selain expo yang menampilkan karya mahasiswa melalui capstone project tersebut, di bulan yang sama, UTY melalui Prodi Arsitektur hingga Prodi Ilmu Komunikasi UTY diketahui juga telah menggelar sejumlah pameran, yang menampilkan berbagai karya inovatif mahasiswa, sebagai ouput yang dihasilkan oleh mahasiswa tersebut setelah mengikuti beberapa jenis mata kuliah pada prodi masing-masing.


Pada Prodi Arsitektur, diketahui telah digelar pameran desain selama 2 minggu berturut-turut di Kampus 2 UTY, yang telah menampilkan berbagai rancangan desain yang dihasilkan oleh mahasiswa Arsitektur UTY melalui mata kuliah Studio Desain Arsitektur 1, 3 dan 5, serta melalui mata kuliah Struktur dan Konstruksi. Sementara itu, pada Prodi Ilmu Komunikasi UTY, telah digelar sebuah expo/pameran selama 1 hari (12/1), yang telah menunjukkan berbagai karya inovatif mahasiswa Ilmu Komunikasi UTY melalui mata kuliah Desain Komunikasi Visual (DKV). Adapun kegiatan tersebut, turut digelar secara luring, bertempat di Plaza Kampus 1 UTY.


Tidak berbeda jauh dari pendapat Endy, Kaprodi Arsitektur UTY, Dr. Ir. Endang Setyowati, M.T, juga turut menjelaskan bahwa kegiatan pameran desain yang digelar oleh Prodi Arsitektur UTY kali ini, merupakan agenda yang memang dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan wadah dan kesempatan sekaligus bentuk apresiasi bagi mahasiswa Arsitektur UTY, dalam rangka untuk memamerkan karya desain, yang merupakan hasil kreativitas mahasiswa Arsitektur tersebut selama 1 semester, melalui mata kuliah Studio Desain Arsitektur 1, 3, dan 5, ataupun melalui mata kuliah Struktur dan Konstruksi.


Selain itu, Kaprodi Ilmu Komunikasi UTY, Andri Prasetyo Yuwono, S.Sos., M.I.Kom, yang turut ditemui di ruangannya, juga menjelaskan bahwa kegiatan pameran yang digelar oleh Prodi kali ini melalui mata kuliah DKV, dapat menjadi wadah yang tepat sekaligus sebagai ajang apresiasi bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UTY, untuk menunjukkan kreativitasnya melalui karya-karya inovatif yang telah dipamerkan melalui kegiatan tersebut.


“Ini adalah kegiatan yang sangat bagus, mahasiswa bisa menampilkan karya-karya kreatifnya dan mendapatkan apresiasi langsung dari dosen maupun orang lain yang hadir ke plaza UTY saat itu. Kegiatan seperti ini, tentunya akan rutin kami gelar ke depannya”, ungkap Andri.


menu
menu