Pekan Keilmuan HMTE, Smart Technology For Future Development

Pekan Keilmuan HMTE, Smart Technology for Future Development

Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotika kembali mengadakan Pekan Keilmuan dengan tema “Smart Technology for Future Development”, yang diisi dengan rangkaian workshop selama 4 hari, Senin (28/1) hingga Kamis (31/1). mulai pukul 08.00 hingga 12.00 Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus 1 UTY tersebut diikuti 80 peserta, yang sebagian besar merupakan mahasiswa Prodi Teknik Elektro yang merupakan penggerak teknologi di bidang robotika.

Ketua UK Robotika Muhammad Ihsan menyampaikan bahwa acara tersebut merupakan pelaksanaan program kerja HMTE UTY dan UKM Robotika. Alasan menerapkan konsep workshop selama 4 jam setiap hari, karena ingin memaksimalkan serapan ilmu dan keterampilan”. Menurutnya, format ideal workshop adalah 16 jam dengan masing-masing sesi selama 4 jam.

Adapun kegiatan tersebut mempunyai 4 bentuk workshop, yakni workshop ETAP, Workshop PLC, Workshop Mobile Robot, dan workshop Smartphone.

Workshop ETAP menjelaskan tentang suatu perangkat lunak yang mendukung sistem tenaga listrik, diisi oleh Fredi Prima S., S.T., M.Eng. Workshop PLC yang membahas tentang suatu peralatan kontrol yang dapat diprogram untuk mengontrol proses atau operasi mesin diisi oleh M. S Hendiyawan A., S.T., M.Eng.,. Workshop Mobile Robot yang mengupas materi tentang kemampuan robot yang mampu berpindah tempat diisi oleh Sigit Sasongko, S.T. Sedangkan workshop Smartphone yang membahas tentang sistem dengan alat kendali yang dapat memberikan kenyamanan, keamanan, dan penghematan energi di rumah. disampaikan oleh i Rio Putanto, S.T.

Ficki Arvina, selaku Ketua Panitia Pekan Keilmuan tersebut, menyampaikan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk memotivasi mahasiswa agar terus berinovasi dalam dunia teknologi. “Kami berharap teman-teman mahasiswa dapat termotivasi di bidang teknologi agar dapat menjadi mahasiswa unggul,” Ungkap Ficki mahasiswa semester 6 Teknik Elektro UTY ini. Selain itu, tujuan kegiatan tersebut guna menyiapkan program-program kerja selanjutnya.

Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro (FTIE), Sutarman, Ph.D., M.Kom., mengatakan dukungannya terhadap terselenggaranya kegiatan Pekan Keilmuan tersebut. “Saya berharap agar kegiatan tersebut dapat menjadi bagian dalam proses regenerasi kepengurusan HMTE dan UKM Robotika,” tutur Sutarman. Ia berharap agar kegiatan mahasiswa tersebut bisa menjadi pemacu prestasi mahasiswa, diantaranya dapat memenangi lomba robot yang banyak diselenggaran di tingkat regional nasional, maupun internasional, tambahnya.

menu
menu