Prodi Bahasa Jepang UTY Kembali Sambut Doktor Baru

Prodi Bahasa Jepang UTY Kembali Sambut Doktor Baru

Prodi Bahasa Jepang UTY Kembali Sambut Doktor Baru


Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali sambut doktor baru. Tepatnya, kali ini Dr. Suhartini, S.S., M.A, yang merupakan dosen di Prodi Bahasa Jepang Program Diploma UTY, baru saja menyelesaikan studi S3-nya, pada bidang linguistik di Universitas Gadjah Mada. Suhartini, baru saja dinyatakan lulus pada akhir bulan Juli 2021 kemarin, dan direncanakan akan mengikuti wisuda pada Bulan Oktober 2021 mendatang. Dengan lulusnya Suhartini, maka sekali lagi, UTY kembali menambah deretan jumlah dosen UTY yang bergelar Doktor.


Dalam rangka menyelesaikan studinya tersebut, Suhartini diketahui berhasil menyelesaikan disertasinya, dengan mengangkat judul yaitu “Alternasi Fonologis di dalam Konstruksi Bilangan dan Penyukat Bahasa Jepang”. Penelitian tersebut, diketahui juga dapat diselesaikan oleh Suhartini, dengan memperoleh hibah penelitian hingga Rp54 juta, dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek Dikti RI), pada tahun 2018 lalu. Selain itu, dalam rangka menyelesaikan studi S3-nya tersebut, Suhartini diketahui juga memperoleh beasiswa dari Pemerintah. Sehingga, dalam rangka menyelesaikan studinya tersebut, Suhartini berhasil lolos dan terpilih memperoleh beasiswa penuh, yang membiayai semua aktivitas perkuliahannya tersebut. Adapun beasiswa yang dimaksud ialah, beasiswa pendidikan pascasarjana dalam negeri (BPPDN), yang diberikan oleh Kemenristek Dikti RI.


Melalui pesannya, Suhartini mengucapkan rasa syukur dan terima kasih, terutama atas dukungan yang selama ini, selalu UTY berikan kepadanya, hingga kemudian ia mampu menyelesaikan studinya tersebut. “Tentu saya sangat bersyukur dan sangat Bahagia, hingga kemudian saya dapat menyelesaikan studi S3 saya, dan melalui kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada UTY, yang selalu mendukung dan membantu saya pada saat studi, terutama saat saya melakukan penelitian disertasi saya. Saya sangat terbantukan oleh peran UTY. Semoga gelar yang saya peroleh ini amanah” ucap Suhartini.


Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA, selalu Rektor UTY, mengapresiasi atas keberhasilan Suhartini, yang mampu menyelesaikan studi S3-nya tersebut. Dengan lulusnya Suhartini, UTY akhirnya kembali dapat menambah jumlah dosen yang bergelar Doktor, dan tentu hal ini, merupakan pencapaian yang luar biasa. Lebih lanjut, Bambang juga menyampaikan bahwa, dengan lulusnya Suhartini saat ini, semoga dapat memotivasi dosen UTY lainnya, yang saat ini sedang menempuh studi S3, baik di dalam maupun luar negeri, untuk dapat segera menyelesaikan studinya dalam waktu dekat.


Selain itu, dalam pesannya, Bambang kembali menjelaskan, dengan bertambahnya jumlah Doktor di UTY hingga saat ini, artinya hal ini kembali menunjukkan komitmen dan keseriusan UTY, yang senantiasa untuk mendorong dan mendukung seluruh dosen di UTY, untuk dapat menyelesaikan pendidikannya hingga jenjang S3. Sehingga, hal ini tentunya akan berdampak positif, pada peningkatan kualitas proses pembelajaran di UTY kedepannya. Guna menggapai cita-cita UTY, yang selalu berkomitmen dan berusaha, untuk dapat hasilkan lulusan, yang cepat lulus, cepat berkarir, dan cepat sukses.


menu
menu