Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UTY Kembali Sambut Doktor Baru

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UTY Kembali Sambut Doktor Baru

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UTY Kembali Sambut Doktor Baru


Prodi Pendidikan Program Bahasa Inggris Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali menambah jumlah dosennya yang bergelar Doktor. Gelar tersebut, baru saja diraih oleh Dr. Suryo Sudiro, S.S., M.Hum, yang baru saja menyelesaikan studi S3-nya dari Prodi Ilmu Humaniora bidang Ilmu Sastra di Universitas Gadjah Mada. Suryo baru saja dinyatakan lulus pada akhir bulan Agustus 2021 kemarin, dan direncanakan akan mengikuti kegiatan wisudanya pada bulan Oktober 2021 mendatang.


Dengan lulusnya Suryo, maka tentunya semakin menambah deretan jumlah dosen UTY yang memiliki gelar Doktor. Adapun, dalam rangka menyelesaikan studi S3-nya tersebut, diketahui bahwa Suryo, berhasil memperoleh beasiswa secara penuh, sejak awal ia berkuliah pada tahun 2016, dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Tepatnya beasiswa yang berhasil ia peroleh tersebut, merupakan beasiswa unggulan dosen Indonesia (BUDI) dalam negeri, yang memang diperuntukkan bagi tenaga pendidik/dosen di Indonesia, yang memiliki keinginan untuk melanjutkan studi lebih lanjut.


Selain itu, dalam rangka menyelesaikan studinya, Suryo diketahui telah berhasil mempertanggungjawabkan hasil penelitian disertasinya, melalui ujian tertutup pada tanggal 22 Juli 2021 kemarin. Ujian tersebut tetap dilaksanakan secara daring, mengingat kondisi pandemi Covid-19. Adapun judul penelitian disertasinya tersebut ialah “Propaganda dalam Tiga Novel Karya Forrest Carter; The Outlaw Josey Wales, The Education of Little Tree, dan Watch for Me on The Mountain: Sebuah Tinjauan Historisisme dan Gaya Bahasa”. Melalui penelitian disertasinya tersebut, Suryo berharap hasil risetnya dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi pihak-pihak yang terkait.


Suryo dalam pesannya, mengungkapkan rasa bahagia dan syukurnya, hingga kemudian ia mampu menyelesaikan studi S3-nya tersebut. Lebih lanjut, Suryo juga mengucapkan rasa terima kasihnya, kepada Yayasan, Rektorat, Dekanat dan Prodi di UTY, atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan kepadanya, hingga kemudian studinya tersebut dapat selesai. Besar harapannya, agar pengetahuan dan pengalamannya saat studi kemarin, dapat memberikan kontribusi dan manfaat kedepannya bagi UTY, terutama bagi setiap mahasiswanya.


Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA, dalam pesannya turut menyampaikan apresiasinya kepada Suryo, atas komitmen dan kerja kerasnya, hingga kemudian dapat menyelesaikan studi S3-nya tersebut. Sehingga, dengan lulusnya Suryo saat ini, sekali lagi telah menunjukkan komitmen UTY, yang senantiasa untuk selalu meningkatkan jumlah dosennya yang memiliki gelar Doktor.


“Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada Suryo, atas komitmen dan kerja kerasnya, hingga kemudian dapat menyelesaikan studinya tersebut. Hal ini tentu memberikan dampak yang sangat positif bagi UTY kedepannya. Karena, semakin bertambahnya jumlah dosen bergelar Doktor di UTY, maka secara otomatis semakin menjamin kualitas dari proses pembelajaran di UTY. Sehingga kemudian akan berdampak, dengan semakin berkualitasnya setiap lulusan dari UTY. Tentunya hal ini sangat sesuai dengan harapan UTY, yang senantiasa untuk berusaha mewujudkan cita-citanya, agar setiap mahasiswa UTY, dapat cepat lulus, cepat berkarir, dan cepat sukses” kata Bambang dalam pesannya.


menu
menu