Prodi Perencanaan Wilayah Dan Kota UTY Gelar Seminar Career Panel

Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota UTY Gelar Seminar Career Panel

Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota UTY Gelar Seminar Career Panel


Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), telah menggelar acara seminar career panel, bertajuk “Sukses Karir dan Bisnis Bidang Perencana di Era Digital. Acara yang digelar di Kampus 2 UTY pada hari Sabtu (28/1) lalu tersebut, diketahui telah menghadirkan tiga narasumber, yaitu: Fredi Satya Candra Rosaji, S.Si., M.Sc., CEO  PT. Mitra Geotama Indonesia, Muhammad Imam Santoso, S.IP., M.M., Koordinator Provinsi KotaKu, D.I. Yogyakarta, dan Muhammad Iqnaul Haq Siregar, S.Si., Maps Ops Manager-Cartography, PT GoTo Gojek Tokopedia.


Diskusi dimulai dengan pemaparan dari pemateri pertama, Muhammad Iqanul Haq Siregar. Dalam pemaparannya, Iqanul menekankan pentingnya mahasiswa mempelajari kemampuan-kemampuan lain khususnya di bidang perencanaan digital.


“Wajib hukumnya mempelajari kemampuan dalam dunia digital agar kita tidak tertinggal, dan dapat selalu menangkap peluang-peluang yang hadir, khususnya dalam bidang perencana”, ujar Iqanul.


Diskusi kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari pemateri kedua, Muhammad Imam Santoso. Imam menjelaskan bahwa bekerja seharusnya tidak berorientasi pada gaji, tetapi bekerjalah sebaik-baiknya dan berkontribusi sebanyak mungkin.


“Dalam bekerja yang terpenting adalah menunjukkan performa yang bagus, maka uang akan datang menghampiri kita dengan segala keberkahannya”, tukas Imam.


Sementara itu, pemateri ketiga yaitu Fredi Satya Candra Rosaji, yang merupakan seorang Chief Executive Officer (CEO) perusahaan yang bergerak dalam bidang geospasial, terkait pemetaan dan remote sensing, menyatakan bahwa ia ingin membuktikan bahwa apa yang dulu dianggap remeh oleh orang-orang sekelilingnya tentang jurusan dan minatnya, ternyata membawa keberkahan luar biasa dalam hidup dan perjalanan bisnisnya. “Jadi, hikmahnya adalah cintailah apa yang Anda pelajari dan tekuni, itulah salah satu kunci sukses dalam karier”, ujar Fredi.


Terkait dengan bagaimana Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, menghadapi tantangan baru di era digital, Kaprodi Perencanaan Wilayah dan Kota UTY, Ratika Tulus Wahyuhana, S.T., M.T., mengatakan bahwa mahasiswa sebagai calon perencana muda, harus mulai mempelajari bagaimana membuat pemetaan digital yang kaitannya dengan penataan ruang wilayah dan kota. Kemampuan tersebut akan menjadi bekal penting, yang kedepannya harus dimiliki oleh setiap mahasiswa dari Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota.


menu
menu