Prodi Perencanaan Wilayah Dan Kota UTY Gelar Workshop Pemanfaatan Drone Untuk Analisis Intensitas Pemanfaatan Ruang KDB Dan KLB

Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota UTY Gelar Workshop Pemanfaatan Drone untuk Analisis Intensitas Pemanfaatan Ruang KDB dan KLB

Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota UTY Gelar Workshop Pemanfaatan Drone untuk Analisis Intensitas Pemanfaatan Ruang KDB dan KLB


Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (HMPWK) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), pada Sabtu 25 Februari dan 4 Maret 2023 lalu, diketahui telah menggelar Workshop mengenai Pemanfaatan Teknologi Drone untuk Analisis Intensitas Pemanfaatan Ruang KDB dan KLB. Acara ini telah digelar di Kampus 2 UTY. Selain dilaksanakan di dalam ruang seminar, acara Workshop ini diketahui juga digelar di luar ruangan, tepatnya di area Kampus 2 UTY, dengan tujuan untuk melakukan praktik secara langsung atas penggunaan drone.


Acara ini menghadirkan dua narasumber yaitu, Bayu Argadyanto Prabawa, S.Si., M.Sc., yang merupakan Dosen pada Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota UTY dan Yudhistira Tri Nurteisa, S.Si., M.Sc., yang merupakan Survey and Maping Specialist dan sekaligus merupakan Co-Founder dan Manager dari PT. Mitra Geotama Indonesia.


Pada hari pertama, materi diisi oleh Yudhistira Tri Nurteisa, yang menyampaikan tentang penggunaan drone dan cara penerbangannya. Pengoperasian drone ini ditujukan untuk melatih mahasiswa dalam mendapatkan foto udara sebagai bahan untuk mengukur Koefisiensi Dasar Bangunan (KDB) dan Koefisiensi Lantai Bangunan (KLB), yang berguna untuk pemetaan tata ruang.


Sementara itu, pada hari kedua, materi diisi oleh Bayu Argadyanto Prabawa. Bayu mengajak mahasiswa berlatih menghitung KDB dan KLB secara langsung. KDB digunakan untuk pengendalian luas lahan bangunan, sementara KLB digunakan untuk mengetahui perbandingan luas lantai bangunan.


Pelatihan pemanfaatan drone ini dinilai penting untuk menghasilkan foto udara yang akan membantu dalam proses perencanaan dan pemanfaatan tata ruang. Sementara itu, Kaprodi Perencanaan Wilayah dan Kota UTY, Ratika Tulus Wahyuhana, S.T., M.T., juga menyampaikan bahwa pemanfaatan drone kini sudah semakin banyak digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pemanfaatan ruang.


“Dengan pemanfaatan drone, sekarang kita terbantu untuk mengambil foto udara dengan mudah, dan foto udara tersebut bisa dimanfaatkan dalam rangka untuk mengambil keputusan mengenai pemanfaatan ruang”, ujar Ratika.


menu
menu