Prodi Sastra Inggris Dan Bahasa Jepang UTY Gelar Pelatihan Bagi Pramusaji Sekar Kedhaton Restaurant Kotagede

Prodi Sastra Inggris dan Bahasa Jepang UTY Gelar Pelatihan Bagi Pramusaji Sekar Kedhaton Restaurant Kotagede

Prodi Sastra Inggris dan Bahasa Jepang UTY Gelar Pelatihan Bagi Pramusaji Sekar Kedhaton Restaurant Kotagede


Dosen Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), kembali menggelar kegiatan pengabdian masyarakat. Kali ini, kegiatan pengabdian tersebut, telah dilaksanakan oleh beberapa dosen dari Prodi Sastra Inggris dan Bahasa Jepang UTY, yang diketahui akan melakukan berbagai jenis pelatihan bagi pramusaji yang bekerja di Sekar Kedahton Restaurant. Adapun secara mendetail, pelatihan yang diberikan akan berfokus pada pelatihan untuk meningkatkan komunikasi dalam bahasa inggris dan turut memberikan pelatihan, untuk mempraktikkan cara beretika terhadap wisatawan mancanegara Jepang.


Kegiatan pengabdian ini, direncanakan akan dilaksanakan sejak bulan Agustus hingga bulan November 2022 mendatang, yang akan terbagi menjadi beberapa sesi. Adapun sesi pertama, akan dilaksanakan sebanyak 6 kali pelatihan, yang telah dimulai sejak tanggal 8 Agustus 2022 (acara pembukaan), bertempat di Sekar Kedahton Restaurant, Kotagede, Yogyakarta.


Pada acara pembukaan, turut hadir Wakil Direktur dari Program Diploma UTY, Kaprodi Sastra Inggris dan Bahasa Jepang UTY, serta beberapa dosen dari kedua Prodi yang akan mengisi sebagai pemateri dalam acara pengabdian tersebut kedepannya. Sementara itu, dari Sekar Kedahton Restaurant, turut hadir pula HRD beserta beberapa staf pramusaji, yang akan menjadi peserta pelatihan pada hari pertama tersebut.


Novia Russilawatie, S.S., M.Hum selaku Wakil Direktur Program Diploma UTY yang sekaligus menjadi salah satu dosen yang akan mengisi pada kegiatan pengabdian tersebut, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih, kepada seluruh tim dari UTY maupun kepada seluruh tim dari Sekar Kedathon Restaurant, hingga kemudian acara pelatihan ini dapat mulai dilaksanakan per hari ini (8/8), dan berharap agar kedepannya semua proses pelatihan dapat berjalan, sesuai harapan bersama. Lebih lanjut, Novia juga menjelaskan, dalam kegiatan pengabdian ini, nantinya terdapat 2 jenis pelatihan yang akan dilaksanakan. Pertama ialah pelatihan untuk meningkatkan komunikasi dalam berbahasa Inggris. Kedua ialah pelatihan mengenai tata cara beretika terhadap wisatawan dari Jepang.


“Kami melihat mayoritas tamu dari Sekar Kedathon Restaurant ialah wisatawan mancanegara dari berbagai negara, utamanya berasal dari Eropa. Maka dari itu, rasanya acara pelatihan yang kami adakan kedepannya bagi para staf pramusaji di Sekar Kedathon Restaurant, akan tepat sekali, mengingat kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa internasional, seperti bahasa inggris akan menjadi hal utama yang perlu dikuasai. Selain itu, pada pengabdian kali ini, kami juga akan memberikan berbagai pelatihan mengenai bagaimana cara beretika jika menemui tamu dari wisatawan Jepang. Hal ini tentunya menjadi hal penting pula, jika kedepannya restoran ini mendapati tamu dari Jepang” ucap Novia dalam sambutannya.


Sementara itu, Marisa Ningrum Yanti, S.Ak, yang merupakan HRD dari Sekar Kedathon Restaurant, dalam sambutannya, turut mengucapkan terima kasih kepada tim dari Prodi Sastra Inggris dan Bahasa Jepang UTY, yang telah bersedia untuk melaksanakan kegiatan pelatihan bagi staf pramusaji di Sekar Kedathon Restaurant.


“Kami ucapkan terima kasih kepada pihak UTY, yang telah berkenan melaksanakan kegiatan pelatihan bagi staf-staf pramusaji kami. Kami saat ini, memang sangat membutuhkan pelatihan mengenai peningkatan komunikasi dalam bahasa inggris dan pelatihan mengenai tata cara beretika terhadap wisatawan jepang, mengingat mayoritas dari tim pramusaji kami saat ini ialah karyawan baru, sehingga pelatihan yang dilaksanakan oleh tim UTY kali ini, akan sangat tepat sekali. Semoga, setiap SDM kami yang mengikuti pelatihan ini, dapat memahami dengan baik setiap materi yang disampaikan oleh tim UTY kali ini. Sehingga, kedepannya akan terdapat peningkatan kompetensi bagi setiap staf pramusaji kami. Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih kepada UTY” kata Marisa dalam pesannya.


menu
menu