Puji Utomo: Dosen Segudang Prestasi

Puji Utomo: Dosen Segudang Prestasi

Puji Utomo, pria kelahiran Pati, 5 Juli 1992, menjadi salah satu dosen UTY dengan segudang prestasi. Puji lahir dalam keluarga kurang mampu. Hidup dalam ekonomi pas-pas-an. Berasal dari anak seorang pedagang ikan. Namun demikian, Puji mampu menempuh pendidikan di Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Tercatat, ketika mengakhiri kuliah sarjana, IPK Puji bernilai 3.86, dan ketika mengakhiri studi magister di almamater yang sama, nilai IPK-nya 4.00. Puji menceritakan, bahwa kesempatannya untuk studi di UGM, berkat beasiswa Bidikmisi.

Kini, Puji Utomo tercatat sebagai tenaga pengajar di Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Teknologi Yogyakarta. Selama perjalanan hidupnya, Puji banyak mencatat prestasi. Di antaranya adalah juara 1 ESSAY COMPETITION GREEN CAMPUS, di Universitas Gadjah Mada, 2nd Indonesian Water Netherland Water Challenge, Holland Water Challenge (2014), 1st Essay Competition Education HIMA KP Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) (2014) hingga menjadi Best Graduate for Master Program in Faculty of Engineering, Universitas Gadjah Mada, April 2017.

Selain prestasi akademik, Puji diberi kepercayaan sebagai sebagai supervisor/advisor pada 3rd Water Infrastructure Conpetition 2 in Depart. Water Resources Engineering, Universitas Brawijaya (2018).

Pria yang aktif di berbagai organisasi ini banyak melakukan penelitian dan menjadi pembicara baik ketika masih menjadi Mahasiswa Universitas Gadjah Mada maupun setelah lulus. Misalnya, penelitian pada tahun 2013 yakni Teknologi Pemanen Kabut (Fog Harvesting) sebagai solusi kekeringan, Kajian Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Terhadap Sifat Hidrofisik pada Tanah Sawah di Dusun Pepen Desa Trimulyo Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman (2014), FOG WATER HARVESTER, Alat pemanen kabut sebagai solusi penyedia air di daerah rawan kekeringan (2015), Kajian Imbangan Sedimen dan Sisa Umur Layanan di Waduk Mrica Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah (2016), Audit Energi Listrik di lingkungan Kampus Universitas Teknologi Yogyakarta (2017), Studi Model Estimasi Nilai Efisiensi Tampungan (Trap Efficiency) Sedimen pada Waduk wilayah Sungai Serayu Bogowonto (2018).

Banyak memotivasi dalam prestasi akademik dan penemuan ilmiah di bidang teknologi membuat Puji banyak diudang berbagai acara di Televisi Nasional, seperti: Catatan Harian Dewi Sandra TransTV, Laptop si Unyil Trans 7, Bumiku Satu DAAI Tv, Program Merajut Asa Trans7.

Desember 2018, Puji kembali diundang oleh program televisi pada acara Kick Andy Metro TV yang tayang Jumat, 25 Januari 2019 dengan mengusut tema "Miskin Tak Memupus Mimpi" mengisahkan latar belakang "keterbatasan ekonomi" tidak membatasi mimpi seseorang dalam meraih kesuksesan dengan menempuh pendidikan yang malah mengubah nasib.

Menurut Tim Kick Andy, diundangnya Puji Utomo dalam program tersebut, karena pertimbangan bahwa sosok Puji Utomo masuk dalam kriteria yang mampu memotivasi dan menginspirasi kaum mileneal di Indonesia.

Ditemui di Kampus 1 UTY, Puji Utomo menyampaikan harapannya agar mahasiswa UTY terus semangat belajar, berprestasi dan selalu ingat orang tua. Jangan lupa bersyukur dengan apa yang telah kita peroleh, ungkapnya.

Sementara itu Dr. Ariaef Hermawan, MT Wakil Rektor I UTY Bidang Akademik dan Riset berharap, prestasi Puji Utomo tersebut menjadi motivasi bagi para dosen dan mahasiswa UTY untuk selalu mengembangkan diri, berprestasi dan pantang menyerah.

menu
menu