Sambut Mahasiswa Baru, UTY Selenggarakan Kegiatan PKKMB

Sambut Mahasiswa Baru, UTY Selenggarakan Kegiatan PKKMB

Sambut Mahasiswa Baru, UTY Selenggarakan Kegiatan PKKMB


Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) pada hari Senin (9/9), diketahui telah menyelenggarakan kegiatan pembuka dalam rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) TA 2024/2025, di Kampus 1, Universitas Teknologi Yogyakarta. Kegiatan PKKMB di tingkat Universitas kali ini, turut dihadiri oleh Jajaran Pengurus Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, Rektorat, Dekanat, Prodi, Tenaga Pendidik dan Kependidikan UTY, hingga pimpinan maupun perwakilan dari beberapa mitra UTY, seperti dari Bank BPD DIY dan Bank Jateng.


Kegiatan PKKMB tahun ini mengusung tema, “Membangun Karakter Unggul yang Adaptif-Inovatif, Menyongsong Masa Depan dengan Kualitas dan Daya Saing”. Acara dibuka dengan pelantikan Mahasiswa Baru dengan penyematan Jas Almamater dan pengaktifan E-KTM.


Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA. Dalam sambutannya Rektor UTY, turut menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru yang berasal dari berbagai Provinsi, yang tersebar di seluruh Indonesia.


“Selamat datang mahasiswa baru Universitas Teknologi Yogyakarta. Mulai hari ini, secara resmi kalian semua, telah tergabung menjadi bagian dari sivitas akademika UTY. Maka dari itu, saya sangat berharap, kalian yang hadir pada hari ini, kedepannya dapat menjadi pribadi yang berkarakter, dan kemudian dapat lulus menjadi alumni yang unggul, dengan segudang capaian. Saya juga berharap, di antara kalian, kedepannya dapat menjadi seorang kreator yang inovatif, mampu mendirikan berbagai jenis bisnis start-up, serta mampu berkarir di berbagai jenis Profesi, yang mungkin belum ada saat ini” ungkap Bambang.


Mengakhiri sambutannya, Bambang kembali menyampaikan harapannya, agar kedepannya semakin banyak lulusan dari UTY yang mampu menjadi pionir agen perubahan, agar dapat turut terlibat dan berkontribusi dalam menjadikan Indonesia kedepannya, sebagai bangsa yang besar, lebih maju dan berdaulat.


Setelah penyampaian sambutan oleh Rektor UTY, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi, yang disampaikan secara langsung oleh Wakil Rektor III dan Wakil Rektor IV UTY.


Materi pertama telah disampaikan oleh Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTY, Dr. Eko Setyo Humanika, M.Hum. Dalam materinya, Eko banyak menjelaskan materi terkait pengembangan karakter mahasiswa yang adaptif-inovatif, yang ternyata dapat diwujudkan, salah satunya melalui kegiatan kemahasiswaan.


“UTY memiliki concern dalam bidang pengembangan karakter mahasiswa yang adaptif dan inovatif, yang pada praktiknya, dapat diwujudkan melalui berbagai cara, salah satunya ialah melalui kegiatan kemahasiswaan. Maka dari itu teman-teman, mari bergabung dengan organisasi kemahasiswaan yang ada di lingkungan UTY. Pada tingkat Universitas terdapat berbagai jenis Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat Anda ikuti, seperti UKM Robotika, Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM), dan lain-lain. Sementara itu, pada tingkat Prodi, kalian juga dapat terlibat dan bergabung dalam Himpunan Mahasiswa, yang tersedia bagi setiap Prodi yang ada dilingkungan UTY” ungkap Eko.


Mengakhiri penyampaiannya, Eko juga menyampaikan, dengan turut terlibat mengikuti berbagai jenis kegiatan Ormawa di lingkungan UTY, selain dapat menambah pengalaman, kegiatan tersebut secara langsung dapat menambah portolio kegiatan maupun prestasi, yang tentunya akan bermanfaat di kemudian hari bagi setiap mahasiswa yang mengikuti.


Materi terakhir, disampaikan oleh Wakil Rektor IV, Bidang Kreativitas, Kewirausahaan dan Pengabdian Masyarakat UTY, MS Hendriyawan A., S.T., M.Eng., Ph.D., yang memotivasi generasi Z yang notabene adalah mahasiswa baru UTY pada tahun ini, untuk bisa menjadi solusi di tengah tantangan global dan kebutuhan industri yang sudah sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi digital.


“Pastinya mindset kita harus bergeser menjadi problem solver. Menjadi problem solver bisa dimulai dengan mengembangkan 5 tahap design thinking. Pertama, Anda harus memahami perspektif dan perasaan customer. Kedua, Anda harus mampu mendefinisikan masalah customer yang akan dipecahkan dari sudut pandang si customer. Ketiga, Anda harus menghasilkan ide dan solusi sebanyak dan sekreatif mungkin, dan memilih ide solusi terbaik. Keempat, Anda harus mampu menyusun prototype atau representasi solusi yang konkret dan bisa diindra. Kelima, Anda dapat menguji cobakan prototype dengan customer untuk mendapatkan umpan balik terkait solusi yang dibuat”, ungkap Hendriyawan.


Setelah acara ini, mahasiswa baru UTY akan mengikuti penyambutan mahasiswa baru di tingkat Fakultas dan Program Studi masing-masing. Selain itu, mahasiswa baru pada tahun ini, juga akan jadwalkan untuk mengikuti kegiatan Pengembangan Karakter, yang digelar pada tanggal 10 dan 11 September 2024 mendatang.


menu
menu