Tingkatkan Pembelajaran Literasi Numerasi Di Kalangan Guru, Prodi Pendidikan Teknologi Informasi UTY Kirim 2 Dosen Untuk Memberikan Pelatihan Di SMAN 2 Playen

Tingkatkan Pembelajaran Literasi Numerasi di Kalangan Guru, Prodi
Pendidikan Teknologi Informasi UTY Kirim 2 Dosen untuk Memberikan Pelatihan di SMAN 2 Playen
Dalam rangka untuk meningkatkan
kompetensi dan keahlian guru di lingkungan SMA di wilayah DIY, Universitas
Teknologi Yogyakarta (UTY), tepatnya melalui Prodi S1 Pendidikan Teknologi
Informasi (PTI) yang bekerja sama dengan SMA Negeri 2 Payen, diketahui telah berhasil menggelar kegiatan in
house training, sebanyak 2 kali (10 dan 12 September 2024), bertempat di SMA Negeri 2 Playen.
Kegiatan pelatihan dengan tajuk “Penguatan Pembelajaran Berbasis Literasi Numerasi” ini, telah digelar secara luring pada tahun ini, dan diikuti oleh seluruh guru yang mengajar di SMA Negeri Playen. Adapun narasumber yang dikirimkan untuk mengisi pelatihan tersebut ialah Soraya Fatmawati, S.Pd., M.Pd. dan Vivianti, S.Pd., M.Pd. Keduanya diketahui merupakan praktisi di bidang pendidikan dan sekaligus merupakan Dosen yang mengajar di Prodi Pendidikan Teknologi Informasi UTY.
Saat dihubungi via telepon, Vivianti, selaku salah narasumber yang dikirimkan oleh UTY, menjelaskan bahwa, proses pelatihan ini telah digelar sebanyak 2 kali atau 2 sesi, di hari yang berbeda. Pada sesi pertama, narasumber banyak memaparkan materi terkait berbagai pendekatan yang dapat digunakan oleh guru, dalam rangka untuk mengintegrasikan literasi dan numerasi dalam setiap mata pelajaran. Selain itu, pada sesi pertama tersebut, narasumber juga menjelaskan terkait strategi penyusunan asesmen berbasis literasi numerasi yang efektif dan aplikatif, yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa saat ini.
Melanjutkan penjelasannya, Vivianti
turut menyampaikan pada sesi kedua, fokus pelatihan tidak hanya berbicara
terkait konsep saja, namun peserta yang hadir telah diarahkan dan di reviu oleh
narasumber untuk melakukan praktik langsung dalam pengaplikasian proses
pembelajaran berbasis literasi numerasi, seperti praktik penyusunan soal-soal
yang berbasis literasi dan numerasi.
Kaprodi S1 Pendidikan Teknologi
Informasi UTY, Tri Widodo, ST., MT, saat dijumpai di ruangannya, turut
menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan yang digelar SMAN 2 Playen bersama Prodi PTI kali ini, memang telah
menjadi agenda rutin, yang kerap dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Teknologi
Informasi UTY bersama beberapa sekolah yang menjadi mitra, untuk turut berkontribusi dalam pengembangan kompetensi
profesional guru.
Mengakhiri penyampaiannya, Tri Widodo turut menyampaikan harapannya, dengan dilaksanakannya pelatihan yang digelar kali ini, dapat secara nyata dan signifikan untuk semakin meningkatkan kompetensi guru di SMAN Playen, yang kemudian akan berdampak pada peningkatan kualitas pada proses pembelajaran yang digelar di SMA tersebut.
Secara umum kegiatan pelatihan yang digelar oleh Prodi PTI bersama SMAN 2 Playen kali ini, terlihat sangat kondusif. Para peserta yang hadir juga terlihat antusias, dengan berbagai pertanyaan yang dilontarkan kepada setiap narasumber yang hadir.