Training Of Trainer Untuk Calon Guru Bimbingan Dan Konseling

Training of Trainer untuk Calon Guru Bimbingan dan Konseling

Training of Trainer untuk Calon Guru Bimbingan dan Konseling

Perkembangan teknologi dewasa ini, sangat pesat. Terlebih perkembangan media dan dunia informasi yang kini sedemikian terbuka. Menjadi suatu kewajiban bagi para kader konselor untuk turut mempengaruhi dan menguasainya. Kreativitas datang seiring dengan kemajuan teknologi. Dalam rangka menciptakan konselor yang profesional yang mampu memanfaatkan teknologi,Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Teknologi Yogyakarta mengadakan kegiatan Training of Trainer dengan tema “Penyusunan Program Evaluasi dan Pelaporan BK berbasis Excel” yang dilaksanakan pada tanggal 13 April 2019 di ruang E02 kampus 2 UTY dengan pemateri dari Bapak Andori, S.Pd, Kons pemerhati dan Praktisi Bimbingan dan Konseling yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dan mahasiswi Prodi BK UTY dari seluruh angkatan. Sesuai dengan tema yang diambil, TOT ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa-mahasiswi BK agar lebih mudah dan cepat untuk membuat laporan maupun evaluasi BK dengan memanfaatkan teknologi.

Acara pelatihan Training of Trainer (TOT) dibuka oleh Dekan Fakultas Humaniora, Pendidikan, dan Pariwisata, Dr. Eko Setyo Humanika, M.Hum. Dalam sambutannya, mengatakan bahwa Teknologi Informasi sangatlah penting untuk ditingkatkan seiring dengan perkembangan teknologi informasi sekarang ini dalam jurusan BK, untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan dapat memahami peserta didik sesuai dengan zamannya. Universitas Teknologi Yogyakarta sebagai center of knowledge dituntut untuk terus mengembangkan sumber daya manusia yang terampil dalam pemanfaatan bidang Teknologi informasi guna mendukung pertumbuhan pesat bidang TIK tersebut.

Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling UTY, Ulfa Amalia, S.Psi., M.A mengatakan, bahwa acara TOT inisangat penting untuk seluruh mahasiswa-mahasiswi BK UTY agar bisa mempersiapkan diri sebagai konselor yang modern dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang telah dikembangkan oleh Bapak Andori, S.Pd, Kons selaku praktisi BK. Acara ini diselenggarakan dengan harapan dapat memotivasi mahasiswa dan mahasiswi BK UTY semakin kreatif untuk mengembangkan media-media yang lain di bidang BK.

Acara ini membahas tentang penyusunan Program Bimbingan dan Konseling berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POP BK) dengan melakukan asessment terlebih dahulu melalui Aplikasi Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) untuk mengetahui permasalahan atau kebutuhan peserta didik sehingga dapat ditindaklanjuti dalam pemberian layanan yang tepat. Seluruh Mahasiswa BK UTY diberikan kesempatan secara langsung untuk melakukan simulasi proses penyusunan program dan evaluasi pelaporan BK dengan dipandu oleh Bapak Andori, S. Pd., Kons. Sesi acara dilanjutkan dengan sharing dan tanya jawab, dimana peserta Training of Trainer (TOT) bisa bertanya kepada pemateri terkait perkembangan BK disekolah sehingga peserta dapat mengetahui bagaimana keadaan dan kebutuhan peserta didik secara nyata dilapangan ataupun juga tentang tantangan BK di dunia industri, dengan begitu mahasiswa dapat mempersiapkan sejak awal sebagai bekal untuk dapat bersaing menghadapi pesatnya perubahan di era digital ini.

Para peserta yang mengikuti acara ini, terlihat penuh semangat dan curiousity yang tinggi. Dengan adanya acara ini, mahasiswa dapat memiliki pemahaman lebih mengenai ruang lingkup bimbingan dan konseling dan bagaimana proses need asessment dapat dilakukan dengan baik, sehingga mahasiswa BK dapat terlatih untuk melakukan tindakan prevensi ataupun intervensi dari berbagai persoalan yang ada. Acara ini sekaligus juga menumbuhkan minat mahasiswa untuk mengembangkan aplikasi yang ada dalam bentuk instrumen-instrumen dengan melakukan kolaborasi dengan pakar dalam bidang IT.

menu
menu