UTY – Deakin University Kembali Selenggarakan Joint Internship

UTY – Deakin University Kembali Selenggarakan Joint Internship

UTY – Deakin University Kembali Selenggarakan Joint Internship

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) dan Deakin University Australia kembali merealisasikan kerjasamanya, dalam bentuk kegiatan Joint Internship Program. Sebanyak 13 mahasiswa Deakin University mengikuti Joint Internship Program tersebut, didampingi oleh Prof. Michael John Bengough, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Mrs. Heather Elizabeth Kristianson staff Kantor Internasional Deakin University. Program tersebut berlangsung mulai tanggal 21 Oktober 2019 hingga 1 Nopember 2019.

Melalui program tersebut Mahasiswa Deakin University yang didampingi oleh 6 mahasiswa UTY melakukan magang di tiga perusahaan yakni di PT.Yogya Presisi Teknikatama Industri (PT.YPTI), PT Aseli Dagadu Jogja dan PT Purawisata.

Program yang telah digagas beberapa tahun lalu ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya UTY untuk mengembangkan diri di dunia internasional. Proses pendampingan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa UTY, yakni bisa magang sekaligus praktik membangun international teamwork dengan mahasiswa asing, yang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Selain itu, dapat bertukar ide dan mendapatkan wawasan dengan cara pandang internasional.

Dalam acara pembukaan International Joint Internship Program tersebut, Rektor UTY yang diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Komunikasi, Drs. Rokhmat, MM., Akt., CA., menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Deakin Iniversity yang secara rutin merealisasikan kerjasama dengan UTY. Melalui program joint internship itu pula Rokhmat berharap mahasiswa UTY, mahasiswa Deakin University dan perusahaan-perusahaan yang ditempati untuk magang dapat bertukar ide dan gagasan. Pemahaman teori dari mahasiswa yang dipadukan dengan operasi bisnis di lapangan menjadi sangat bernilai bagi mahasiswa maupun perusahaan, ungkapnya. Selain itu, pertukaran ide dan gagasan menjadi lebih lengkap dan lebih bermakna karena para mahasiswa datang dari berbagai negara dengan latar belakang budaya dan lingkungan bisnis yang berbeda-beda.

Untuk itu pula Rokhmat menyampaikan pesan Rektor UTY bahwa UTY berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan mahasiswa dengan wawasan internasional, diantaranya dengan program joint internship.

Sementara itu, sambutan dari Universitas Deakin yang disampaikan oleh Prof. Michael John Bengough. Ia menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan luar biasa dan hangat dari UTY. Ia menyampaikan bahwa program joint internship kerjasama dengan UTY telah memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa Deakin University. Sehingga, besar harapan dari Deakin University agar kerja sama yang telah dilakukan berulang kali ini, dapat dapat terus berjalan.

Usai acara pembukaan yang diselenggarakan di Kampus 1 UTY tersebut, mahasiswa Deakin University dan UTY beserta dosen pendamping, mengunjungi ketiga perusahaan yang telah dipilih untuk tempat magang, guna melakukan orientasi pemagangan. Pemagangan dilakukan mulai hari Selasa tanggal 22 Oktober 2019.

Pada hari terakhir, yakni tanggal 1 Nopember 2019,mahasiswa Deakin University akan mempresentasikan hasil magang kepada mahasiswa S2 Manajemen UTY. Sementara itu, Prof. Prof. Michael akan menjadi narasumber pada kuliah umum yang akan diikuti oleh mahasiswa S1, S2 dan S3 UTY.

menu
menu