UTY Gelar Pelantikan Dan Pelatihan Bagi Pengurus Ormawa Periode 2023/2024

UTY Gelar Pelantikan dan Pelatihan bagi Pengurus Ormawa Periode 2023/2024

UTY Gelar Pelantikan dan Pelatihan bagi Pengurus Ormawa Periode 2023/2024


Pada hari Senin (2/10) lalu, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) telah menggelar kembali kegiatan pelantikan bagi pengurus organisasi kemahasiswaan (Ormawa) di lingkungan UTY untuk Periode 2023/2024. Pada waktu yang bersamaan, setiap pengurus Ormawa yang telah dilantik tersebut, diketahui juga akan mengikuti sejumlah kegiatan pelatihan yang digelar oleh UTY selama 3 hari, hingga tanggal 4 Oktober 2023 mendatang.


Adapun pengurus Ormawa yang diundang untuk mengikuti pelantikan dan pelatihan tersebut, terdiri atas pengurus harian/inti dari 11 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan 16 Himpunan Mahasiswa (HIMA) di lingkungan UTY. Hadir pula selama kegiatan tersebut ialah para narasumber, yang memang expert pada topik-topik yang akan disampaikan selama pelatihan tersebut.


Pada hari pertama, setelah kegiatan pelantikan, terdapat 2 orang narasumber yang dihadirkan. Adapun narasumber yang dimaksud ialah Dr. Nur Wening, M.Si, selaku Kaprodi S3 Ilmu Manajemen dan S2 Manajamen UTY, yang membawakan materi mengenai dasar organisasi dan materi terkait manajemen organisasi. Selain itu, narasumber ke-2 yang dihadirkan ialah Bahagia Tarigan, S.E., M.Si., Akt., CA., CPA yang merupakan Wakil Rektor II Bidang Sumberdaya dan Keuangan UTY, yang memaparkan materi mengenai organisasi UTY.


Pada hari kedua, narasumber yang dihadirkan ialah Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA yang berfokus memberikan materi terkait dengan kepemimpinan. Selanjutnya, masih pada hari yang sama, dihadirkan pula narasumber lainnya yaitu Dr. Junaidi, M.Si., Ak., CA., CSRS selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTY beserta dengan Kepala Bidang Kemahasiswaan UTY, Bayu Argadyanto Prabawa, S.Si., M.Sc. Keduanya pada prinsip berfokus memberikan materi mengenai kebijakan dan pengelolaan secara teknis dalam menjalankan organisasi kemahasiswaan di lingkungan UTY, seperti materi terkait aturan dan kebijakan ormawa; AD/ART organisasi kemahasiswaan UTY; penyusunan program kerja Ormawa UTY; perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan; dan materi terkait evaluasi dan pertanggungjawaban aktivitas/kegiatan.


Adapun pada hari ketiga, narasumber yang dihadirkan ialah Dr. Ir. Arief Hermawan, MT., IPU (Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Riset UTY), MS. Hendriyawan A, S.T., M.Eng., Ph.D (Wakil Rektor IV Bidang Kreativitas, Kewirausahaan, dan Pengabdian Masyarakat UTY), Bahagia Tarigan, S.E., M.Si., Akt., CA., CPA (Wakil Rektor II Bidang Sumberdaya dan Keuangan UTY), dan Ulfa Amalia, S.Psi., MA (dosen Prodi Bimbingan dan Konseling UTY). Keempatnya, masing-masing secara berurutan diketahui telah memaparkan materi mengenai arah pengembangan organisasi, kemahasiswaan dan kualitas Ormawa sesuai bidang keilmuan; program kreativitas Ormawa sebagai program unggulan; pengembangan sumber daya dan pengendali aset; dan materi terkait fundamental soft skill dalam berorganisasi.


Bambang Moertono Setiawan, selaku Rektor UTY, dalam sambutannya pada saat acara pelantikan, turut menyampaikan ucapan selamatnya kepada para mahasiswa yang telah terpilih, mendapat amanah untuk menjadi pengurus Ormawa di lingkungan UTY.


“Selamat kepada anda semua yang telah terpilih. Besar harapan dari kami, agar anda kedepannya mampu menjalankan organisasi yang anda pimpin saat ini dengan penuh kreatifitas dan memiliki target yang jelas. Buatlah berbagai program kerja yang inovatif, tidak monoton menyesuaikan perkembangan saat ini. Tentunya, dalam proses tersebut, UTY akan senantiasa memfasilitasi dan mendampingi” ungkap Bambang.


Mengakhiri pesannya, Bambang juga berpesan agar selama pelatihan ini, setiap pengurus Ormawa yang hadir untuk memaksimalkan dengan baik setiap momen pelatihan yang akan diikuti.

 

“Mari maksimalkan pelatihan ini. Harapannya, setiap pengetahuan yang akan anda terima selama pelatihan ini, akan bermanfaat sebagai input penting bagi anda semua, dalam rangka menjalankan setiap organisasi kemahasiswaan di lingkungan UTY” ujar Bambang.



menu
menu