UTY Kembali Kirim Dosen Ke Eropa

UTY Kembali Kirim Dosen ke Eropa

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali mengirim dosen-dosennya ke Eropa dalam untuk mengikuti Erasmus + Teaching Mobility Program. Kali ini dua dosen dari Fakultas Humaniora, Pendidikan, dan Pariwisata (FHPP) UTY, yakni Dr. Tatit Hariyanti, M.Hum., dan Novia Russilawatie, S.S., M.Hum., dikirim ke Split University, Kroasia, pada program tersebut, yang berlangsung mulai 25 Maret hingga 7 April 2019. Pada tahun 2018 lalu UTY mengirim Rianto, S.Kom., M.Eng ke Zagreb University Kroasia pada program yang sama.
Pelepasan keberangkatan dua Dosen UTY ke Eropa tersebut, dilakukan secara seremonial Kampus 1 UTY, pada Sabtu, 23 Maret 2019. Hadir dalam pelepasan tersebut, Ketua Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, Rektor UTY beserta para Wakil Rektor, Dekan Fakultas Humaniora, Pendidikan dan Pariwisata, serta Staf Kerjasama dan Hubungan Internasional UTY.
Dalam sambutan pamitannya, Dr. Tatit menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak UTY yang telah memfasilitasi mereka, sehingga bisa memperoleh kesempatan mengikuti Erasmus+ Teaching Mobility yang didanai oleh Uni Eropa. Ia menyampaikan bahwa berbagai agenda selama di Kroasia dalam program tersebut diantaranya mengajar, diskusi, sitting pada program pembelajaran di kelas, serta mengikuti pelatihan. Dalam kesempatan itu iapun meminta doa restu agar dapat mengikuti semua agenda dengan baik, bisa menyerap ilmu dan memperoleh penglaman yang dapat dibagikan kepada civitas academica UTY.
Sementara itu Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA. selaku Rektor UTY, menyampaikan ucapan selamat kepada Dr. Tatit dan Novia yang telah berhasil terpilih menjadi peserta program Erasmus +. Selain itu, ia berharap selama menjalani program Erasmus + dapat membawa pengalaman yang dapat dibagikan kepada tenaga pendidik di lingkungan UTY. Bambang Moertono juga mengingatkan untuk berhati-hati selama di perjalanan. Iapun berdo’a semoga diberikan kelancaran dan keselamatan dan kesehatan yang prima selama mengikuti program Erasmus+ tersebut hingga kembali ke tanah air nantinya.
Dalam sambutannya pula, Rektor UTY juga menyampaikan bahwa selain menerima dan mengirim dosen ke Kroasia, Saat ini satu mahasiswa UTY juga telah berhasil mendapatkan beasiswa penuh dari Uni Eropa, untuk belajar di Zagreb University Kroasia, untuk belajar selama satu semester, yang dimulai bulan Februari 2019 ini. Bahkan saat ini UTY juga diberi kesempatan untuk mengirim satu lagi mahasiswa dari Prodi Akuntansi atau Manajemen untuk belajar satu semester di Zagreb University, dengan biaya penuh dari Uni Eropa. Masa belajar mulai bulan Oktober 2019 nanti. Tawaran itu tidak lepas dari keberhasilan kerjasama sebelumnya, termasuk kedatangan Prof. Mirjana beberapa waktu lalu.

Sedangkan Ketua Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, Prof. Dr. Hj. Zulhawati, MM dalam sambutannya, mengungkapkan kesan yang mendalam atas adanya kegiatan seremonial pelepasan delegasi dosen UTY ke Eropa tersebut. Ia berharap, ke depan akan lebih banyak lagi dosen-dosen yang mendapat kesempatan serupa. Ia menyampaikan bahwa untuk bisa memperoleh kesempatan tersebut UTY tidak mempertimbangkan apakah dosen senior atau yunior. Yang lebih dipertimbangkan adalah integritas, kesiapan dan kapabilitas. Menurutnya banyak hal yan bisa dipetik dari keikutsertaan dalam program tersebut. Dengan mengetahui kondisi di luar negeri, akan dapat membandingkan sekaligus belajar tentang kurang dan lebihnya sistem pendidikan yang dihadapi selama ini.
Drs. Rokhmat. MM., Akt. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Komunikasi menyampaikan bahwa Erasmus + Teaching Mobility merupakan program kerja sama di bidang pendidikan antara universitas di kawasan Uni Eropa dan universitas di luar kawasan Uni Eropa. Program yang dilakukan dalam Erasmus + lebih mengarah pada bidang pendidikan dan pelatihan. Di bulan Maret ini, UTY juga telah menerima dosen tamu dari Zagreb University Kroasia, Prof. Mirjana Pejic-Bach. Penerimaan itu merupakan bagian dari kerjasama dalam Erasmus + Program. Di UTY Prof. Mirjana memberikan kuliah umum bagi mahasiswa S1 dan Pasca Sarjana, serta diskusi kurikulum dengan para Dosen UTY.

menu
menu