UTY Kembali Mengirimkan Mahasiswa Untuk Belajar Di Eropa

UTY Kembali Mengirimkan Mahasiswa Untuk Belajar di Eropa

UTY Kembali Mengirimkan Mahasiswa Untuk Belajar di Eropa


Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), kembali mengirimkan salah satu mahasiswanya, untuk studi ke luar negeri, tepatnya di Negara Lithuania, Eropa. Kali ini, mahasiswa yang berangkat ialah Ristan Taufiq Syukrianto, yang merupakan mahasiswa dari Prodi Sastra Inggris Program Sarjana. Ristan diketahui berhasil memperoleh beasiswa Program “Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)” tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Republik Indonesia. Atas beasiswa yang diperoleh tersebut, Ristan akan mengikuti perkuliahan selama 1 semester, di Vyatautas Magnus University, Lithuania.

Ristan dijadwalkan, akan berangkat menuju negara tersebut, pada tanggal 30 Agustus 2021 mendatang. Ristan akan berangkat secara bersamaan, dengan empat mahasiswa Indonesia lainnya yang akan menuju negara yang sama, yaitu masing-masing sebanyak satu mahasiswa yang berasal dari Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Bina Nusantara (Binus), UPN “Veteran” Jawa Timur, dan Universitas Negeri Jakarta. Adapun acara pelepasan keberangkatan Ristan, telah diselenggarakan secara terbatas, dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat di Kampus 1 UTY, pada hari Rabu 25 Agustus 2021.


Dalam pamitannya, Ristan mengucapkan terima kasih kepada UTY, yang telah membimbing dan mendampinginya di semua tahapan/proses, hingga kemudian mendapatkan kesempatan untuk belajar selama satu semester di Vyatautas Magnus University, Lithuania.


“Terima kasih banyak kepada UTY, yang sudah mendampingi dan membimbing saya, mulai sejak pendaftaran hingga pelepasan keberangkatan yang dilaksanakan saat ini. Saya merasa sangat dibantu, hingga akhirnya saya dapat lolos dan memperoleh beasiswa ini. Selain itu, selama saya kuliah dan belajar di Lithuania kedepannya, saya tentunya akan senantiasa menjaga nama baik UTY dan Indonesia, dan melalui kesempatan ini, saya akan gunakan sebaik-baiknya untuk belajar dengan maksimal, serta saya berancana juga akan aktif mengikuti beberapa kegiatan ekstrakurikuler di Vyatautas Magnus University, seperti ekstrakurikuler di bidang penelitian, debat dan lainnya. Tujuannya tentu, untuk memaksimalkan dan meningkatkan pengalaman saya, selama studi di Universitas tersebut” ucap Ristan melalui sambutannya.


Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA, selaku Rektor UTY, melalui sambutannya, juga menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada Ristan, yang telah berhasil memperoleh beasiswa IISMA tahun 2021 ini. Selain itu, Bambang juga menyampaikan, agar Ristan dapat memaksimalkan kesempatan ini, untuk mencari pengalaman sebanyak mungkin dan tetap berprestasi walau berada di negara lain.


“Kepada Ristan, mohon jaga nama baik UTY dan Indonesia. Pahami betul budaya dan pola perilaku masyarakat di negara tersebut, agar anda dapat beradaptasi dengan cepat. Tentunya, selama Ristan belajar disana, UTY akan selalu memantau Ristan, agar proses anda belajar disana dapat dilaksanakan dengan lancar. Nanti, setelah anda pulang ke Indonesia, jangan lupa untuk sharing pengalaman anda tersebut, kepada teman-temannya di UTY. Sekali lagi saya ucapkan selamat, semoga proses keberangkatan anda dapat berjalan dengan lancar” pesan Bambang dalam sambutannya.


Sementara itu, Kepala Layanan Kemahasiswaan dan Pengembangan Karier UTY,  Dr. Mustaqim Pabbajah, MA, turut menyampaikan rasa syukur, hingga kemudian UTY berhasil mengirimkan mahasiswanya untuk studi ke Eropa kembali. Mustaqim, juga menyampaikan bahwa prestasi yang diraih Ristan ini tentunya sangat membanggakan, karena ia telah berhasil diterima untuk peroleh beasiswa ini, dari sekian banyak pendaftar dari seluruh Indonesia. Diketahui, tahun ini hanya terdapat 97 Perguruan Tinggi di Indonesia (termasuk UTY), yang berhasil mengirimkan mahasiswanya untuk studi ke luar negeri melalui beasiswa IISMA 2021 ini. Sekali lagi, hal ini kembali menunjukan kualitas dari mahasiswa UTY, yang mampu bersaing dengan mahasiswa dari Perguruan Tinggi lainnya, baik secara nasional maupun internasional.


menu
menu