UTY Kembali Selenggarakan Sosialisasi Pelaksanaan Tracer Study

UTY Kembali Selenggarakan Sosialisasi Pelaksanaan Tracer Study

UTY Kembali Selenggarakan Sosialisasi Pelaksanaan Tracer Study


Pada hari Sabtu (20/8) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), tepatnya melalui Bidang Pusat Karir dan Penelusuran Studi (PKPS) UTY, kembali menggelar kegiatan sosialisasi pelaksanaan tracer study, yang akan diadakan pada tahun ini. Sosialisasi tersebut, diketahui kembali dilaksanakan di Ruang Sidang Lantai 3, yang bertempat di Kampus 1 UTY.


Turut hadir dalam acara tersebut ialah Rektorat, Dekanat, hingga pihak pengelola Prodi, yang memang nantinya akan turut membantu Bidang PKPS UTY, dalam rangka untuk mensosialisasikan pengisian tracer study, kepada setiap alumni yang menjadi target tracer pada tahun ini. Adapun, target alumni UTY yang diminta untuk mengisi tracer study tahun ini, ialah para alumni UTY, yang lulus pada tahun 2017, 2018, 2019 dan 2021.


Selain mensosialisasikan terkait teknis pelaksanaan tracer pada tahun ini, pada kesempatan tersebut, bidang PKPS UTY turut menyampaikan pelaporan hasil pelaksanaan tracer study yang telah dilaksanakan pada tahun lalu. Berdasarkan pelaporan tersebut, diketahui bahwa jumlah response rate yang telah mengisi tracer pada tahun 2021 ialah sebesar 64,93% (lebih dari 1.700 alumni lulusan tahun 2020). Capaian tersebut, diketahui jauh melebihi dari jumlah yang ditargetkan oleh bidang PKPS UTY.


Dr. Eko Setyo Humanika, M.Hum, selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTY, dalam sambutannya, turut menyampaikan apresiasinya baik kepada pihak Bidang PKPS UTY maupun semua pihak mulai dari Rektorat, Dekanat hingga Prodi, atas kerja sama yang telah dilaksanakan tahun lalu, hingga kemudian pelaksanaan tracer study pada tahun 2021 dapat memenuhi target yang diharapkan. Lebih lanjut, dalam sambutannya Eko kembali menyampaikan permohonannya kepada semua pihak yang hadir pada acara tersebut, untuk terlibat dan bekerja sama kembali pada tahun ini, agar dapat membantu bidang PKPS UTY, dalam rangka mensosialisasikan pelaksanaan tracer study pada tahun 2022 ini. Mengingat, pentingnya pelaksanaan tracer study ini.


Tracer study menjadi hal yang sangat penting, untuk kita lakukan secara rutin. Bukan hanya digunakan sebagai metode/cara untuk mengetahui kondisi dan keberadaan alumni kita saat ini, namun melalui tracer study, kita juga akan memperoleh beragam input informasi dari para alumni secara langsung, yang nantinya dapat kita gunakan sebagai bahan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan di UTY, utamanya terkait dengan proses belajar mengajar. Tentu hal ini akan terus kita lakukan, demi menjaga kualitas proses pembelajaran di UTY” ucap Eko dalam sambutannya.


Sementara itu, Dr. Mustaqim Pabbajah, MA, selaku Kepala Layanan Kemahasiswaan dan Pengembangan Karier UTY, dalam sambutannya turut menyampaikan ucapan terima kasihnya, kepada semua pihak yang turut membantu bidang PKPS UTY, hingga kemudian tahun lalu, jumlah response rate alumni yang mengisi tracer study dapat melebihi dari target yang diharapkan. Lebih lanjut, Mustaqim menyampaikan harapannya, agar pelaksanaan tracer study pada tahun ini, dapat kembali memenuhi target yang telah tetapkan.


“Kami memohon bantuannya kembali kepada semua pihak, mulai dari Rektorat hingga Prodi, untuk turut membantu kami kembali tahun ini, dalam rangka mensosialisasikan pelaksanaan tracer study ini kepada setiap alumni, yang menjadi target pada tahun ini. Semoga jumlah alumni yang mengisi tracer study pada tahun ini, jauh meningkat jika bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya” ucap Mustaqim dalam sambutannya.


menu
menu