UTY Selenggarakan Kegiatan Penyegaran Mengenai Tata Kelola Perguruan Tinggi

UTY Selenggarakan Kegiatan Penyegaran Mengenai Tata Kelola Perguruan Tinggi

UTY Selenggarakan Kegiatan Penyegaran Mengenai Tata Kelola Perguruan Tinggi


Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan perguruan tinggi, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menyelenggarakan kegiatan penyegaran mengenai leadership & strategy: predicting the future “tata kelola perguruan tinggi”. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari, sejak tanggal 15 November 2021, yang bertempat di Kampus 1 UTY. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini, diketahui ialah para pejabat struktural yang berada di lingkungan UTY.


Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Rektor UTY telah menyampaikan secara detail mengenai berbagai hal yang harus dipersiapkan, bagi setiap pimpinan di lingkungan UTY, agar dapat mengelola UTY dengan baik, sesuai dengan visi dan misi UTY. Sedangkan, narasumber lainnya, mulai dari Wakil Rektor I, II, III dan hingga wakil rektor IV, akan menyampaikan materi sesuai dengan bidangnya masing-masing, mulai dari sisi akademik dan penelitian, sumber daya manusia, hingga pengabdian masyarakat.


Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA, dalam penyampaiannya, menekankan bahwa pemimpin yang unggul merupakan kunci, agar tata kelola organisasi dapat berjalan dengan baik. Maka dari itu, Bambang mengharapkan agar setiap pejabat stuktural UTY, harus dapat menjadi pemimpin yang unggul, yang artinya setiap pemimpin di UTY, harus mampu menjadi pemimpin yang dapat melihat masa depan, mampu memprediksi berbagai perubahan yang akan terjadi, mampu melihat hambatan yang akan terjadi, dan kemudian menjadikan hambatan tersebut sekaligus menjadi peluang. Serta, setiap pemimpin di UTY diharapkan, juga mampu untuk menggunakan potensinya secara harmonis demi kemajuan UTY kedepannya.


Lebih lanjut, Bambang juga menjelaskan bahwa, dalam rangka menjalankan tata kelola perguruan tinggi yang baik, diharapkan agar setiap pimpinan di lingkungan UTY, dapat menyusun berbagai strategi yang tepat, agar menjadi pedoman/rencana aksi bagi setiap pimpinan tersebut, dalam rangka mengelola UTY secara maksimal. Hal ini tentunya dilakukan, agar dapat mewujudkan cita-cita UTY, yang mengharapkan agar setiap mahasiswa UTY kedepannya dapat cepat lulus, cepat berkarir, dan cepat meraih kesuksesan.


“Pemimpin yang baik, harus mampu menyusun strategi yang efektif. Sehingga dalam rangka memformulasikan strategi tersebut, harapannya setiap pimpinan di UTY harus mampu mengidenfikasi mengenai posisi UTY saat ini. Selain itu pemahaman mengenai tujuan UTY dan berbagai perubahan dan tren yang terjadi dilingkungan saat ini, juga menjadi modal yang diperlukan, agar formulasi penyusunan strategi tersebut menjadi lebih tepat. Sehingga setelah dilakukannya berbagai formulasi tersebut, diharapkan dapat menghasilkan strategi, taktik, tindakan dan kiat, yang nantinya dapat menolong UTY untuk mewujudkan setiap Visi dan Misi UTY di masa yang akan datang” kata Bambang dalam penyampaian materinya.


menu
menu