UTY Sukses Gelar Kegiatan Refreshing Dalam Proses Belajar Mengajar “Why Change”

UTY Sukses Gelar Kegiatan Refreshing Dalam Proses Belajar Mengajar “Why Change”

UTY Sukses Gelar Kegiatan Refreshing Dalam Proses Belajar Mengajar “Why Change”


Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), pada Jumat (19/1) kemarin, sukses menyelenggarakan kegiatan Refreshing Dalam Proses Belajar Mengajar “Why Change” Bagi Dosen Universitas Teknologi Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen, Kaprodi, Dekanat, dan jajaran Rektorat UTY.


Dalam kegiatan yang digelar secara luring di Ruang Sidang Lantai 3, Kampus 1 UTY ini, seluruh dosen diajak untuk melakukan brainstorming terkait berbagai tantangan yang harus dihadapi perguruan tinggi saat ini, dengan menghadirkan narasumber yaitu Drs. Agung Nugroho Soedibyo, M.Ak., CA., CPA., CPMA., QRGP., Asean CPA, yang diketahui sejak dahulu aktif bertugas sebagai Dosen Senior dari Universitas Indonesia (UI), Komisaris Independen PT Perta Life Insurance, dan Penasehat di P2PK Kementerian Keuangan RI, serta merupakan Konsultan di berbagai perusahaan maupun perguruan tinggi di Indonesia.


Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA., yang turut hadir, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dihadirkannya Agung Nugroho Soedibyo dalam kegiatan tersebut, dikarenakan yang bersangkutan merupakan akademisi dan sekaligus praktisi yang sangat kompeten untuk membicarakan terkait perubahan-perubahan yang sedang dan akan dihadapi oleh Perguruan Tinggi. Maka dari itu, keberadaan Pak Agung, diharapkan dapat memberikan insight penting bagi UTY, agar semakin adaptif dalam menghadapi potensi perubahan tersebut.


“Seiring dengan perkembangan kondisi lingkungan eksternal yang sangat cepat berubah dan kondisi masa depan yang belum pasti, maka perguruan tinggi dituntut untuk melakukan pengembangan yang berkelanjutan. Untuk itulah perguruan tinggi harus mampu beradaptasi dengan lingkungan dan mampu memprediksi kondisi di masa depan. Sehingga, pada hari ini kita telah menghadirkan pak Agung Nurgoho, yang diharapkan dapat memberikan berbagai insight penting bagi kita semua, agar kedepannya semakin baik dalam mengelola UTY, untuk menghadapi berbagai perubahan kedepannya.


Setelah Rektor UTY menyampaikan sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Agung Nugroho Soedibyo, yang dalam penyampaiannya ia didampingi oleh Wakil Rektor II UTY, Bidang Sumberdaya dan Keuangan, Bahagia Tarigan, S.E., M.Si., Akt., CA., CPA, yang bertugas sebagai moderator. Dalam kesempatan ini, Bahagia Tarigan juga ikut menyampaikan bahwa saat ini, banyak perubahan dan perkembangan dalam dinamika pengelolaan perguruan tinggi di Indonesia. Untuk itu, Agung Nugroho Soedibyo sengaja dihadirkan disini untuk memberikan pandangan kepada dosen UTY tentang bagaimana seharusnya perguruan tinggi menghadapi berbagai perkembangan dan perubahan yang terjadi.


“Seperti yang disampaikan oleh Rektor UTY tadi, perguruan tinggi harus dikembangkan secara berkelanjutan. Banyaknya perubahan yang sudah terjadi tidak bisa kita abaikan, dan kita harus mengikuti dan menghadapi perubahan tersebut. Karena itulah, hari ini kita hadirkan bapak Agung Nugroho Soedibyo, untuk membicarakan berbagai tantangan yang dihadapi oleh perguruan tinggi sekarang”, ungkap Bahagia Tarigan.


Sementara itu, dalam materinya, Agung Nugroho Soedibyo, menyoroti pentingnya kemampuan perguruan tinggi untuk mengendalikan arus perubahan. Perubahan memang terjadi, tetapi perguruan tinggi harus mampu mengambil keuntungan dari arus perubahan tersebut. Jadi, perguruan tinggi tidak boleh sampai terseret arus. Untuk mengambil keuntungan, maka perguruan tinggi harus mempunyai diferensiasi atau ciri khas yang kuat yang membedakan dirinya dengan perguruan tinggi lain.


“Perubahan memang tidak bisa dihindari dan pasti terjadi. Sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkan perubahan itu untuk mengambil keuntungan. Untuk itulah, sebenarnya yang penting bagi sebuah perguruan tinggi adalah ia harus mempunyai ciri khas yang kuat, yang membedakannya dengan perguruan tinggi lain”, ucap Agung dalam pemaparan materinya.


Dalam pantauan kami, acara di Ruang Sidang Lantai 3, UTY, kemarin, terpantau meriah. Dosen-dosen UTY juga terlihat aktif dan bersemangat dalam bertanya. Materi yang disampaikan oleh Agung Nugroho Soedibyo, ditanggapi dengan antusias oleh berbagai pertanyaan dari dosen UTY.


menu
menu