UTY Tandatangani Kerja Sama Dengan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III Kementerian PUPR RI

UTY Tandatangani Kerja Sama dengan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III Kementerian PUPR RI

UTY Tandatangani Kerja Sama dengan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III Kementerian PUPR RI


Pada hari Rabu (10/5) lalu, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), diketahui kembali melakukan penandatanganan kerja sama dengan instansi pemerintah. Kali ini, kerja sama tersebut telah dijalin antara UTY dengan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, bersama dengan 19 Perguruan Tinggi lain, yang berlokasi di Provinsi DIY. Adapun kerja sama yang disepakati melalui MoU tersebut berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang perumahan.


Pelaksanaan penandatanganan kerja sama ini dilaksanakan di Pendopo Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, Jl. Laksda Adisucipto 165, Yogyakarta. Kerja sama ini dilakukan untuk menyukseskan program pemerintah tentang Klinik Rumah Swadaya. Sebuah program kementerian PUPR, untuk memberikan layanan informasi dan bantuan teknis kepada masyarakat baik individu maupun kelompok dalam meningkatkan keswadayaan masyarakat untuk membangun rumah layak huni.


Program ini meliputi bantuan informasi, perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan dalam pembangunan rumah layak huni. Penerima bantuan ini meliputi masyarakat berpenghasilan rendah, penerima bantuan stimulan pembangunan dan perbaikan rumah, dan masyarakat yang ingin membangun atau memperbaiki rumah dan bangunan sederhana.


Datang dalam acara penandatanganan kerja sama ini ialah Kepala Bidang Kemitraan dan Hubungan Internasional UTY, Lucitania Rizky, S.IP., MA., yang mengatakan bahwa kerja sama ini penting untuk dilakukan dalam rangka untuk menyukseskan program pemerintah tentang Klinik Rumah Swadaya. “Jadi, kerja sama ini melibatkan berbagai stakeholder dengan kapasitasnya masing-masing untuk berkolaborasi dalam menyukseskan program Klinik Rumah Swadaya”, ungkap Luci.


Selain itu, Luci juga menjelaskan bahwa selain untuk mendukung pemerintah, melalui kerja sama ini, UTY juga berkesempatan untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan pihak Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III Kementerian PUPR, untuk menggelar berbagai kegiatan terkait dengan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang akan melibatkan banyak dosen maupun mahasiswa UTY kedepannya.


Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, M. Salahudin Rasyidi, S.T., M.T., dalam sambutannya menyampaikan bahwa rumah merupakan salah satu hak dasar bagi warga negara yang harus dipenuhi. “Sesuai konstitusi kita yang menyatakan bahwa masyarakat berhak bertempat tinggal di lingkungan hidup yang baik dan sehat. Untuk itu kolaborasi dalam memberikan layanan pada masyarakat untuk pembangunan rumah melalui program Klinik Rumah Swadaya, sangat penting untuk terlaksana”, ungkap Rasyidi.


Mengakhiri pesannya, M. Salahudin juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak, yang sudah berkenan menjalin kerja sama dengan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III Kementerian PUPR, dalam rangka untuk mendukung program pemerintah di bidang perumahan.


menu
menu