Expo Teknologi & Start Up Industri Kreatif Mahasiswa UTY

Expo Teknologi & Start Up Industri Kreatif Mahasiswa UTY

Guna memperkenalkan karya kreatifitas dan inovasi,  serta menanamkan kecintaan teknologi dari mahasiswa, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)  menyelenggarakan gelar inovasi teknologi dan produk  mahasiswa. Gelaran yang bertajuk  Expo Teknologi & Start Up Industri Kreatif Mahasiswa UTY” tersebut berlangsung di Hall Kampus 1 UTY pada Sabtu 11 Januari 2020.

Expo tersebut menampilkan karya dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Start Up, Karya Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI), dan inovasi lainnya.

Expo tersebut dikunjungi oleh Sekjen Kemendikbud RI, Kepala L2Dikti Wilayah V Yogyakarta, dan Pimpinan dari 33 Perusahaan usai menandatangani MoU dengan UTY. Selain itu juga dikunjungi  mahasiswa UTY. Para pengunjung terlihat antusias dan memberikan apresiasi terhadap produk dan karya-karya yang ditampilkan  mahasiswa tersebut.

Tidak tanggung-tanggung Mayjen (Purn) Zaedun S., Komisaris PT Indo Karya Perkasa Jakarta yang merupakan perusahaan holding dengan berbagai jenis produk,  memberikan kartu namanya kepada beberapa stand yang produk-produknya sangat potensial untuk dikembangkan. Diantaranya stand Bottani yang menampilkan produk inovasi penyiraman tanaman otomatis yang menggunakan sistem internet of things dan monitoring lahan pertanian melalui website. Menurut Zaedun, produk tersebut sangat inovatif dan sangat diperlukan dalam mendukung ketahanan pangan Indonesia. Kepada Santra Prabowohendi Mahasiswa Teknik Industri yang merancang Bottani tersebut, Zaedun menyampaikan akan mengembangkan dan menyampaikan ke departemen terkait di Jakarta.  Selain itu  Zaedun juga tertarik pada inovasi mahasiswa Teknik Sipil berupa Inovasi Jembatan Balsa, inovasi konstruksi  kuda-kuda, dan inovasi berbagai beton yang ditampilkan. Sebagai seorang  Purnawirawan tentara,  Zaedun menyampaikan bahwa inovasi tersebut sangat menarik dan bagus dikembangkan TNI AD yakni di bidang Zeni. Dan iapun meminta para mahasiswa tersebut, bersiap-siap jika nanti diminta untuk presentasi di Jakarta, kata Zaedun sembari memberikan kartu namanya.

Selain Zaedun, Sekjen Kemendikbud RI dan Kepala L2Dikti juga terlihat antusias melihat stand-stand yang digelar mahasiswa UTY tersebut, yang dengan penuh semangat meminta penjelasan dari penjaga stand-stand tersebut.

Adapun beberapa produk yang digelar diantaranya :Roboboat – Sistem IoT untuk monitoring kualitas air, E-Trip (Aplikasi Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Berbasis Android), Robot ROV underwater,  CAPIT BANDO (Perancangan Kompor Pintar Berbasis Android danArduino), Roket komurindo,  ARTASA (Augmented Reality for Taman Sari Area) Media Edukasi Sejarah Berbasis Teknologi, Srat Up - Karya Rental.com ,  alat peraga pembelajaran inovasi konstruksi kuda – kuda, alat peraga pembelajaran inovasi berbagai beton, alat peraga pembelajaran bangunan/kawasan,  Pesawat Pemetaan, dan BEDAK BARET “Beton Damdex Kombinasi Ban Karet” yang memiliki kekuatan tekan dan tahan bocor, karya inovasi arsitektur, dan berbagai inovasi produk kewirausahaan yang sudah berjalan.

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA mengungkapkan bahwa UTY akan terus mendukung inovasi dan kreatifitas mahasiswa. Sebagai wujud nyata, mulai tahun 2019 UTY memiliki Wakil Rektor bidang Kreatifitas dan Inovasi. Adapun gelar expo seperti ini merupakan salah satu usaha untuk mengampresiasi karya mahasiswa sekaligus menumbuhkembangkan kreatifitas dan inovasi mahasiswa, serta usaha rintisan berbasis teknologi.  Melalui pembinaan yang terstruktur, Bambang Moertono berharap akan tumbuh lebih banyak lagi karya kreatifitas dan inovasi mahasiswa dan start up teknologi yang berasal dari mahasiswa.


menu
menu