Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android

Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android

Perkembangan teknologi telah merubah perilaku manusia, termasuk perilaku siswa Sekolah Dasar. Kini secara umum siswa SD sudah sangat aktif menggunakan handphone. Perilaku ini, menjadikan ide Said Fauzi mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) untuk menciptakan media pembelajaran interaktif berbasis android, yang dinilai tidak membosankan, dan lebih efektif untuk peningkatan kualitas siswa. Dalam merancang media tersebut Said Fauzi memilih pelajaran IPA untuk kelas VI.

Media pembelajaran yang merupakan Tugas Akhir kuliah Said Fauzi tersebut merupakan software yang dapat diinstal di handphone, layaknya game-game yang menarik. Tugas akhir tersebut dibimbing oleh Dr. Arief Hermawan, MT.

Dalam Tugas Akhir tersebut, Said merancang sebuah software yang dapat diinstall dan dioperasikan menggunakan handphone. Melalui software yang ia rancang, Said memasukkan materi-materi pelajaran IPA, animasi-animasi yang menjadi ilustrasi dari materi-materi sub-sub bidang pelajaran, serta soal-soal. Dengan software tersebut siswa juga bisa mempelajarai ilmu IPA, memilih animasi-animasi yang terkait dengan sub-sub materi pelajaran, danmelakukan uji mandiri dengan mengerjakan soal-soal yang tersedia. Adapun skoring dilakukan langsung usai mengerjakan.

Software tersebut telah diujicobakan di Sekolah Dasar Negeri 2 SinduadiMlati Sleman Yogyakarta.Dari hasil yang telah diujicobakan, software tersebut mendapat sambutan hangat dan para siswa terlihat antusias untuk menggunakannya.

Menurut Said Fauzi Belajar dengan menggunakan media interaktif berbasis android merupakan hal yang lebih menyenangkan. Sehingga diharapkan dapat lebih mudah memahami materi dan menumbuhkan minat baca untuk mendalami ilmunya.

Said Fauzi menambahkan bahwa dengan menggunakan software tersebut maka guru dapat menyampaikan materi dengan pilihan animasi-animasi baik yang dibuat sendiri ataupun diperoleh dari internet. Hal ini dirasa jauh lebih murah dibandingkan dengan jika harus mengadakan alat peraga fisik.

Dr. Arief Hermawan, MT Wakil Rektor I Bidang Akademik UTY menyampaikan bahwa teknologi menciptakan pembelajaran sepanjang sejarah (long life learning). Sehingga ide pembelajaran interaktif berbasis Android tersebut, merupakan tuntutan seiring majunya teknologi. Menurutnya pembuatan software tersebut dapat dikategorikan teknologi tepat guna. Yakni tepat diberikan kepada anak-anakSD yang saat ini sudah handphone minded, ungkapnya.

Perkembangan zaman mendorong ilmu pengetahuan dan teknologi dalam semua proses kehidupan manusia. Perkembangan zaman mendorong proses pembelajaran yang lebih aplikatif dan inovatif untuk menarik minat siswa dalm belajar untuk mendorong pembelajaran yang lebih efektif. Karena kurangnya alat peraga yang dimiliki sekolah, serta minimnya pemanfaatan media, dalam pembelajaran IPA menuntut guru mata pelajaran lebih kreatif dalam penyampaian materi serta contoh pada saat pembalajaran dikelas. Akibatnya, siswa menjadi kurang aktif dan kurang tertarik terhadap pembelajaran serta masih sangat bergantung pada penyampaian materi dan contoh yang disampaikan oleh guru.

Permasalahan diatas Saib Fauzi mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Pendidikan Universitas Teknologi Yogyakarta menterjemahkan ke dalam ide atau gagasan dengan mengembangkan media pembelajaran dengan judul “Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Mata Pelajaran IPA Kelas VI”. Tugas akhir ini dibimbing oleh Dr. Arief Hermawan, MT

Tujuan dikembangkan media pembelajaran ini adalah memudahkan guru dalam penyampaian materi kepada siswa dalam harus membelu alat peraga yang mahal, dan juga mendorong siswa untuk belajar mandiri menggunakan handphone dirumah.

Adapun manfaat dari pengembangan media ini diharapkan dapat menciptakan pembelajaran dikelas lebih menyenangkan, memberikan gambaran kepada peserta didik dengan video sehingga mudah dipahami.

menu
menu