UTY Sukses Selenggarakan Acara Sharing Knowledge Pengelolaan Komunikasi

UTY Sukses Selenggarakan Acara Sharing Knowledge Pengelolaan Komunikasi

UTY Sukses Selenggarakan Acara Sharing Knowledge Pengelolaan Komunikasi


Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), tepatnya melalui Prodi Ilmu Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi, kemarin (11/11) telah bekerja sama dan sukses menyelenggarakan acara Sharing Knowledge Pengelolaan Komunikasi, dengan menghadirkan narasumber, El Kautsar Putri Argapatmi, S.Sos, seorang Senior Officer Kinerja Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan di Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Surakarta.


Kegiatan ini melibatkan mahasiswa dari Prodi Ilmu Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi, serta dimoderatori oleh Ade Irma Sukmawati, S.Sos., M.A., dosen dari Prodi Ilmu Komunikasi UTY. Dalam kegiatan ini, hadir pula Wakil Rektor IV UTY Bidang Kreativitas, Kewirausahaan, dan Pengabdian Masyarakat, MS Hendriyawan A, S.T., M.Eng., P.hD., yang ikut menyampaikan sambutan.


Dalam sambutannya, Hendriyawan menyampaikan bahwa acara ini penting mengingat dalam menghadapi berbagai perubahan saat ini, dibutuhkan berbagai kerja sama dan kolaborasi dari banyak pihak. Ia lantas menyebutkan konsep penta-helix, yang di dalamnya dijelaskan bahwa kolaborasi dan kerja sama harus dilakukan dengan melibatkan akademisi, pebisnis, pemerintah, masyarakat, dan media.


“Dalam konsep penta-helix, salah satu bentuk kolaborasi dan kerja sama dalam menghadapi persoalan adalah, kolaborasi dan kerja sama dengan media. Maka dari itu, kami menyambut baik kedatangan Ibu El Kautsar, yang sudah memiliki banyak pengalaman terkait bagaimana menjaga citra positif perusahaan dan berhubungan dengan media”, ungkap Hendriyawan.


Sementara itu, El Kautsar Putri, selaku pembicara utama dalam acara ini, menyampaikan bahwa di tempatnya bekerja, salah satu fungsi kegiatan kehumasan adalah mengelola media (cetak, elektronik, dan media sosial). Ia lantas menceritakan pengalamannya ketika bekerja untuk mengelola media dan menjaga hubungan baik dengan wartawan.


“Misalnya PLN punya program baru, dan kita butuh mengenalkan program baru ini ke pelanggan. Dalam konteks ini, penting bagi saya untuk bekerja sama dengan media, karena melalui media, informasi tersebut akan disampaikan ke masyarakat luas”, ungkap El Kautsar, dalam sesi pemaparan materinya.


Acara yang digelar di Ruang Sidang Lantai 3, Kampus 1 Universitas Teknologi Yogyakarta ini, secara umum terpantau ramai dan meriah. Mahasiswa yang hadir juga terlihat bersemangat dan antusias dalam bertanya.

 


menu
menu