Berprestasi Internasional, Alumni Arsitektur UTY Rencanakan Kuliah Di Harvard University

Berprestasi Internasional,  Alumni Arsitektur UTY Rencanakan Kuliah di Harvard University

Berprestasi Internasional,

Alumni Arsitektur UTY Rencanakan Kuliah di Harvard University


Ridwan Arifin, lulusan Prodi Arsitektur Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) tahun 2017, merupakan alumni yang sejak kuliah memiliki banyak prestasi dan bermotivasi tinggi untuk maju. 

Berbagai prestasi telah diraih Ridwan. Salah satu prestasinya saat masih kuliah adalah Juara 1 International Tropical Architecture Design Competition di Singapura tahun 2017, yang diikuti lebih dari 200 peserta dari berbagai universitas terkemuka di dunia.

Setelah lulus Ridwan juga tetap aktif berkompetisi, disamping bekerja sebagai arsitek pada konsultan arsitektur di Bandung. Saat ini Ridwan dan timnya yang juga berasal dari lulusan Arsitektur UTY, menjadi finalis kompetisi bergengsi, Fentress Global Challenge (FGC) dari Amerika Serikat, yang bertajuk “Airport Of The Future”.  Pada kompetisi tersebut Ridwan dan tim merancang “Konsep Sustainability and advance engineering on O'Hare International Airport”– Chicago Amerika Serikat.

Ridwan Arifin menyampaikan bahwa motivasi untuk berprestasi di tingkat Internasional terkait dengan keinginan kuatnya untuk studi lanjut di Harvard University Graduate School of Design. Adapun pendaftaran dilakukan pada bulan September 2020 ini. Ridwan menuturkan bahwa ia ingin sekali bisa memberi manfaat bagi masyarakat luas dengan ikut berkontribusi terutama dalam perencanaan urban design di Indonesia. Impian kuliah di Harvard University karena keinginannya untuk menggali ilmu lebih jauh pada Department of Urban Planning and Design pada universitas tersebut yang sudah sangat terkenal banyak menghasilkan urban planners dan urban designers kelas dunia.

Menurut Ridwan, permasalahan urbanisasi dan pengembangan perkotaan terjadi hampir di seluruh kota di dunia, termasuk di Indonesia. Menurutnya, ke depan masalah tersebut akan terus berlanjut dan membutuhkan perencana yang handal untuk mengatasinya. “Desain dan perencanaan yang baik, yakni perencanaan yang berdampak baik bagi masyarakat yang terdampak oleh pembangunan dan industrialisasi, sekaligus perencanaan untuk menjadikan kota dengan pembangunan berkelanjutan (sustainable) yang memperhatikan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan, sangat diperlukan untuk kehidupan yang lebih baik secara jangka panjang” tuturnya. Ridwan mengungkapkan keprihatinannya jika melihat pembangunan pengembangan kota yang tidak memperhatikan berbagai aspek keberlanjutannya.

Dr. Endy Marlina, MT Dekan Fakultas Sains dan Teknologi  UTY sangat berharap keinginan Ridwan Arifin untuk studi lanjut di Harvard University USA dapat terealisir. Hal itu akan menjadi kebanggan tersendiri bagi almamater UTY, terutama prodi Arsitektur. Serta akan memacu memotivasi adik-adik kelasnya untuk dapat mengikuti kesuksesannya. Endy menambahkan, prestasi-prestasi di tingkat internasional sangat dibutuhkan ketika seorang lulusan hendak studi lanjut ke universitas-universitas ternama di tingkat Internasional.

menu
menu