Dalam Rangka Implementasikan Progam Hibah PHP2D, Himpunan Mahasiswa Arsitektur UTY Mulai Lakukan Sosialisasi Kepada Warga Desa Selomartani

Dalam Rangka Implementasikan Progam Hibah PHP2D, Himpunan Mahasiswa Arsitektur UTY Mulai Lakukan Sosialisasi Kepada Warga Desa Selomartani

Dalam Rangka Implementasikan Progam Hibah PHP2D, Himpunan Mahasiswa Arsitektur UTY Mulai Lakukan Sosialisasi Kepada Warga Desa Selomartani


Sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi, tepatnya pelaksanaan pada bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat,  Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), yang tergabung dalam tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), Himpunan Mahasiswa Arsitektur (Himars) Astabrata, akan mulai melaksanakan implementasi kegiatan dari PHP2D tersebut. Kegiatan akan dimulai dengan melakukan sosialisasi. Adapun kegiatan sosialisasi tersebut, berisikan pengenalan program dan rencana kegiatan yang telah disusun oleh tim PHP2D, kepada kelompok masyarakat terkait. Seperti yang diketahui, tim Himars Astrabata UTY ini, telah berhasil memperoleh hibah PHP2D dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Pelaksanaan hibah tersebut, akan dilaksanakan di UMKM Kelompok Mina Ikan Raya di Desa Selomartani Sleman. Kegiatan ini akan dimulai sejak bulan Agustus 2021, hingga bulan Desember 2021 mendatang.


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kegiatan pertama yang dilakukan dalam rangka mengimplementasi program PHP2D ini, yaitu dengan melaksanakan kegiatan sosialiasi kepada kelompok masyarakat terkait. Kegiatan sosialisasi tersebut, telah dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2021 kemarin. Kegiatan telah dilaksanakan sebanyak 2 sesi, dilokasi yang berbeda. Hal ini dilakukan guna mengurangi jumlah kerumunan, dalam rangka meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Tentunya, kegiatan sosialisasi tersebut, telah dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.


Pelaksanaan sosialisasi sesi pertama, telah dilaksanakan di Pasar Ikan Kaliwaru, yang diikuti oleh anggota Kelompok Perikanan Mina Raya. Kegiatan ini, diawali dengan sambutan dari Luhur Sapto Pamungkas ST., MT. selaku Dosen Pembimbing Kegiatan, dan diikuti sambutan dari Sri Hartono selaku Ketua Perikanan Mina Raya. Sosialisasi ini diawali dengan sambutan, dan pengenalan anggota tim dan program kegiatan PHP2D Himars Astabrata, dan diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Peserta sendiri menyampaikan berbagai pengalaman dan pendapat mereka dalam pembudidayaan ikan.


Pada sosialisasi sesi kedua, diketahui telah dilaksanakan di Kediaman Wahyudi, selaku Ketua Padukuhan Kaliwaru yang dihadiri oleh para produsen Rempeyek ikan Pethol, dan anggota Karang Taruna dari Padukuhan Kaliwaru. Tidak berbeda dengan sesi yang pertama. Pada sesi kedua, kegiatan diawali dengan sambutan oleh Luhur Sapto Pamungkas ST., MT dan diikuti oleh Wahyudi, yang kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab.


Melalui kesempatan pada sesi kedua ini, Wiwin selaku salah satu peserta sosialisasi pada sesi kedua, menyampaikan masalah yang mereka hadapi dalam produksi rempeyek. Ia menjelaskan bahwa kendala utama dari mereka, terkait dengan produksi rempeyek ialah mengenai ketersediaan bahan baku dari rempeyek tersebut, yaitu ikan pethol. Mengingat ikan pethol sendiri merupakan ikan liar yang tidak dibudidaya. Sehingga melalui forum tersebut, ia mengharapkan agar program dari tim PHP2D UTY ini, dapat memberikan solusi nyata untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

menu
menu