Mahasiswa D3 Bahasa Jepang UTY Ikuti Studi Ekskursi Bersama Mahasiswa Waseda University Jepang

Mahasiswa D3 Bahasa Jepang UTY Ikuti Studi Ekskursi Bersama Mahasiswa Waseda University Jepang

Mahasiswa D3 Bahasa Jepang UTY Ikuti Studi Ekskursi Bersama Mahasiswa Waseda University Jepang


Pada hari Senin (6/2) lalu, lima mahasiswa dari Prodi D3 Bahasa Jepang Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) yang turut didampingi oleh salah satu dosen UTY, yaitu Santi S. Liem, S.S., MA berkesempatan melakukan studi ekskursi di Solo, bersama tujuh mahasiswa dari Waseda University Jepang. Pada studi ekskursi ini, mahasiswa D3 Bahasa Jepang UTY dan Waseda University tersebut diketahui berkesempatan untuk mengunjungi beberapa lokasi termasuk Pasar Triwindu dan Pura Mangkunegaran, yang berada di Solo, Jawa Tengah.


Studi ekskursi kali ini dimaksudkan oleh Prodi D3 Bahasa Jepang UTY untuk mempersiapkan mahasiswa dari Prodi D3 Bahasa Jepang agar semakin terampil menjadi tour leader dan pemandu profesional bagi wisatawan asing. Untuk itu, mahasiswa diberikan pelatihan bagaimana mengelola perjalanan wisata dengan praktik langsung mulai dari penjemputan tamu di bandara, hingga pembuatan laporan dengan metode self-paced learning.


Dr. Suhartini S.S., M.A selaku Kaprodi D3 Bahasa Jepang UTY menyatakan bahwa kegiatan studi ekskursi ini menjadi sangat penting dilakukan untuk melatih kemampuan mahasiswa menjadi pemandu wisata. “Dalam  kegiatan ini, mahasiswa dituntut untuk mampu menjadi tour leader, pemandu profesional, mengelola perjalanan wisata, dan mengimplementasikan kemampuan berbahasa Jepang mereka”, tuturnya.


Selama perjalanan, mahasiswa D3 Bahasa Jepang UTY juga berkesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan dan kemampuan bahasa mereka. Mereka dituntut untuk mampu menjelaskan hal-hal slot88 yang mereka temukan selama perjalanan dan menjadi penerjemah bahasa lokal yang baik kepada mahasiswa dari Waseda University. Dalam kesempatan ini, mahasiswa D3 Bahasa Jepang UTY diketahui juga berkesempatan untuk bertukar pikiran dengan para mahasiswa dari Waseda University tersebut.


Sementara itu, Profesor Yasuyuki Todo, Profesor dari Graduate School of Economic, Faculty of Political Science and Economics, Waseda University yang turut mendampingi mahasiswa dari Waseda University tersebut, juga turut menyatakan bahwa kegiatan ini penting untuk memberikan pengalaman baru bagi mahasiswanya.


“Kegiatan ini sangat penting dalam rangka untuk memberikan pemahaman baru kepada mahasiswa dari Waseda University, sekaligus untuk mengenal dan memahami ikatan lokal pada jaringan sosial dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia”, Ujar Yasuyuki Todo.


menu
menu