Mahasiswa UTY Raih Juara 1 Lomba Essay Tingkat Nasional

Mahasiswa UTY Raih Juara 1 Lomba Essay Tingkat Nasional

Mahasiswa UTY Raih Juara 1 Lomba Essay Tingkat Nasional


Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali raih prestasi di tingkat nasional. Prestasi tersebut, diketahui berhasil diraih oleh Gracella Angelina Item, yang merupakan mahasiswa dari Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota UTY. Gracella diketahui berhasil meraih juara 1 lomba essay di tingkat nasional, yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Bandung (Unisba) dan Ikatan Ahli Perencana (IAP) Indonesia Jawa Barat, pada bulan Oktober lalu. Selain itu, masih pada bulan yang sama, ternyata Gracella juga berhasil meraih Juara 3 pada lomba essay, yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana.


Pada perlombaan yang diselenggarakan oleh Unisba dan IAP Jawa Barat, diketahui bahwa Gracella berhasil menjadi juara pertama, setelah mengalahkan pesaingnya yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, dengan essay-nya yang berjudul “Resilient City Menuju Jabar SDGs 2030: Ketangguhan Bencana & Resiliensi Komunitas yang Inklusif”. Adapun yang menjadi juara 2 dan ke-3 pada perlombaan tersebut, secara berurutan berhasil diraih oleh mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Krisnadwipayana.


Sementara itu, pada perlombaan yang diikuti oleh Gracella di Univesitas Udayana, Gracella diketahui kembali terpilih untuk meraih rangking 3 besar dalam perlombaan essay tersebut. Diketahui bahwa, pada perlombaan essay tersebut, juara 1-nya berhasil diraih oleh mahasiswa dari Universitas Indonesia, sedangkan untuk Juara ke-2 dan ke-3 nya secara berurutan berhasil diraih oleh mahasiswa dari Universitas Udayana dan UTY (yang diwakili oleh Gracella). Adapun judul essay yang ditulis oleh Gracella dalam mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana tersebut ialah “Green Economy untuk Indonesia Green Growth Program Menuju Net Zero Emission (NZE)”. Berbeda dengan pelaksanaan yang diselenggarakan oleh Unisba dan IAP Jawa Barat, seluruh rangkaian perlombaan essay di Universitas Udayana ini diketahui telah diselenggarakan secara daring.


Ratika Tulus Wahyuhana, S.T., M.T, yang merupakan Kaprodi Perencanaan Wilayah dan Kota UTY, yang ditemui di ruangannya turut menyampaikan apresiasinya kepada Grecella atas raihan prestasinya di tingkat nasional kali ini.


“Saya sangat bersyukur dan sangat mengapresiasi atas raihan prestasi dari salah satu mahasiswa kami, yang berhasil meraih juara nasional pada perlombaan LKTI tersebut. Tentu ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan, dan kembali menjadi bukti atas kualitas mahasiswa UTY yang mampu bersaing dengan berbagai mahasiswa, baik dari PTN maupun PTS pada skala nasional” ucap Ratika.


Mengakhiri pesannya, Ratika juga berharap agar prestasi yang diraih oleh Gracella ini, dapat menular dan menjadi inspirasi bagi mahasiswa UTY lainnya, utamanya dari Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, untuk turut mengikuti berbagai kompetisi, yang menyesuaikan minat dan bakat masing-masing dari mahasiswa.


“Kami dari Prodi, tentu selalu berharap prestasi ini dapat menginspirasi dan mendorong mahasiswa kami lainnya, untuk turut mengikuti berbagai kompetisi ataupun kegiatan positif lainnya, yang tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka kedepannya. Tentu, kami dari pihak Prodi akan senantiasa untuk memfasilitasi dan memberikan pendampingan kepada setiap mahasiswa kami, yang ingin terjun aktif melakukan berbagai bentuk kompetisi, baik di bidang akademik maupun non akademik” kata Ratika saat mengakhiri pesannya.


menu
menu