Sambut Mahasiswa Baru, UTY Kembali Selenggarakan Kegiatan PKKMB

Sambut Mahasiswa Baru, UTY Kembali Selenggarakan Kegiatan PKKMB

Sambut Mahasiswa Baru, UTY Kembali Selenggarakan Kegiatan PKKMB


Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) pada hari Senin (18/9) lalu, diketahui telah menyelenggarakan kembali kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), di tingkat Universitas. Kegiatan yang digelar di Kampus 1 UTY tersebut, merupakan kegiatan pembuka dari deretan kegiatan PKKMB UTY, yang turut dihadiri oleh Jajaran Pengurus dari Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, Rektorat, Dekanat dan Prodi, Tenaga Pendidik dan Kependidikan UTY, serta juga dihadiri oleh beberapa mitra UTY, seperti perwakilan dari GMedia, Bank Mandiri KCP Yogyakarta UNY, Bank BPD DIY, dan perwakilan dari Bank Jateng Cabang Yogyakarta.


Kegiatan ini mengusung tema, “Kreativitas dan Inovasi untuk Mewujudkan Mahasiswa Unggul”, dengan menghadirkan 2 orang narasumber yang memang expert pada bidang tersebut. Adapun  narasumber yang dimaksud ialah Budiyanto, S.Kom., M.M, Managing Director dari GMedia – PT Media Sarana Data, yang sekaligus juga merupakan alumni dari UTY, dan M.S. Hendriyawan A, S.T., M.Eng., Ph.D, Wakil Rektor IV Bidang Kreativitas, Kewirausahaan & Pengabdian Masyarakat UTY.


Acara penyambutan di tingkat Universitas ini, diketahui telah dibuka secara virtual melalui video sambutan mahasiswa baru yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., yang mengungkapkan bahwa Pendidikan Tinggi sebagai jenjang pendidikan formal terakhir, yang dirancang agar mahasiswa mampu berkontribusi di kehidupan nyata. Oleh karena itu, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk mendalami disiplin keilmuan masing-masing, tetapi harus memiliki kompetensi dan karakter penunjang, seperti kemampuan berkomunikasi, kreativitas, inovasi, dan problem solving.


Sementara itu, Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA., dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang pada seluruh mahasiswa baru UTY, yang merupakan generasi muda terbaik bangsa, yang penuh semangat dan energi untuk mengembangkan jiwa kreativitas dan inovasi.


Sekali lagi saya ucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru UTY angkatan 2023. Saya berharap anda semua yang hadir saat ini akan menjadi mahasiswa dan alumni yang unggul kedepannya. Mampu menjadi seorang kreator yang inovatif, mampu mendirikan start up start up bisnis baru, serta berkarir di profesi yang mungkin belum ada saat ini. Saya juga berharap, agar kedepannya anda dapat menjadi lulusan-lulusan UTY yang mampu menjadi pionir agen perubahan, sehingga Indonesia bisa menjadi bangsa yang lebih maju dan berdaulat”, ungkap Rektor UTY. 


Mengakhiri pesannya, Bambang menyampaikan agar setiap mahasiswa UTY untuk senantiasa memaksimalkan penggunaan atas semua fasilitas yang tersedia di kampus, dalam rangka untuk mendukung semua proses pembelajaran yang akan mahasiswa UTY ikuti kedepannya. 


Sementara itu, Budiyanto, dalam penyampaian materinya, diketahui telah membawakan materi dengan topik “Membawa Nilai Inovasi Teknologi Lebih Dini. Dalam pemaparan materinya, Budiyono menyampaikan bahwa kreativitas, inovasi, enterpreneurship dan leadership, adalah sejumlah kemampuan yang penting untuk menjadi pribadi yang unggul.


“Kreativitas adalah tentang menghasilkan ide-ide baru, Inovasi adalah bagaimana kita menghasilkan solusi, sementara enterpreneurship adalah bagaimana kita menghasilkan manfaat dari kreativitas dan inovasi, dan leadership adalah bagaimana menghasilkan value (nilai-nilai) dalam budaya organisasi sehingga memiliki kewibawaan di hadapan stake-holder. Kemampuan ini penting untuk menjadi pribadi yang unggul”, ungkap Budiyanto, yang juga merupakan alumni UTY.


Materi terakhir, disampaikan oleh Wakil Rektor IV Bidang Kreativitas, Kewirausahaan & Pengabdian Masyarakat UTY, M.S. Hendriyawan A, S.T., M.Eng, yang dalam pemaparannya berfokus untuk memotivasi semua generasi Z yang notabenenya ialah mahasiswa baru, untuk senantiasa berkolaborasi mengembangkan kreativitas dan inovasi. Sebab tantangan zaman di Abad 21 ini semakin dipengaruhi oleh perkembangan teknologi digital dan artificial intellegence. 


“Kolaborasi adalah kunci keberhasilan inovasi. Inovasi tidak akan ada tanpa kreativitas. Kolaborasi tanpa sekat dan batas akan menjadikan kita menjadi manusia unggul dan berkualitas”, ungkap Hendriyawan.


Setelah acara ini, mahasiswa baru UTY untuk angkatan 2023, akan mengikuti deretan agenda lanjutan dari kegiatan PKKMB yang digelar pada tahun ini, mulai dari kegiatan penyambutan di tingkat Fakultas dan di tingkat Prodi, serta kegiatan pengembangan karakter dan bela negara, yang akan berakhir pada Hari Sabtu (23/9) mendatang.


menu
menu