Sukseskan Program Bangga Kencana, UTY Undang Kepala BKKBN RI Untuk Lakukan Sosialisasi

Sukseskan Program Bangga Kencana, UTY Undang Kepala BKKBN RI untuk Lakukan Sosialisasi

Sukseskan Program Bangga Kencana, UTY Undang Kepala BKKBN RI untuk Lakukan Sosialisasi


Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi DIY, melakukan kegiatan Sosialisasi Program “Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) bersama Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Generasi Emas 2045”. Kegiatan ini dapat terlaksana, sebagai bentuk realisasi, atas salah satu program yang disepakati dalam MoU, yang telah ditandatangani antara UTY dengan BKKBN Perwakilan Provinsi DIY, pada tanggal 24 Mei 2021 lalu.


Program Bangga Kencana, merupakan salah satu program dari BKKBN, yang berfokus untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas di Indonesia. Dalam rangka untuk mensosialisasikan program tersebut ke internal UTY, secara bersama UTY dan BKKBN Perwakilan Provinsi DIY, mengundang Dr. (H.C). dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), selaku Kepala BKKBN Republik Indonesia sebagai narasumber, dan melakukan sosialisasi secara langsung, kepada jajaran pejabat struktural di tingkat Rektorat, Dekanat, dan Prodi di UTY. Kegiatan ini, berlangsung di Ruang Sidang Lantai 3, yang bertempat di Kampus 1 UTY.


Melalui sambutannya, Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA selalu Rektor UTY, menyampaikan ucapan terima kasih, atas kehadiran Kepala BKKBN RI, yang secara langsung mengisi acara sosialisasi ini. Lebih lanjut, Bambang menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi dan kelanjutan, atas nota kesepahaman yang telah ditandatangani oleh UTY dan BKKBN. Melalui kerjasama ini, UTY secara konsisten senantiasa, untuk bersinergi dengan pihak Pemerintah, dalam upaya untuk membentuk keluarga yang berkualitas, dan membangun generasi bangsa Indonesia yang hebat, dimasa kini dan masa yang akan datang.


“UTY secara nyata akan turut mendukung pemerintah, dalam rangka menyukseskan program ini. Namun, seperti yang diketahui bersama, kasus stunting yang terbilang tinggi di Indonesia saat ini, akan menjadi salah satu, tantangan terbesar dalam wujudkan keluarga berkualitas di Indonesia. Maka dari itu, UTY akan secara maksimal bersinergi dengan pihak BKKBN, untuk melakukan edukasi seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia, tentang cara mewujudkan keluarga yang berkualitas, termasuk mencarikan solusi untuk menangani kasus stunting kedepannya, guna menciptakan generasi Indonesia yang unggul, berdaya saing dan berkualitas.


MV. Chinggih Widanarto, S.E., M.Si, selaku Kepala Perwakilan BKKBN DIY, juga turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak UTY, yang senantiasa untuk mendukung BKKBN dalam rangka sukseskan program Bangga Kencana. “Kami sangat berterima kasih atas komitmen UTY, yang senantiasa membantu BKKBN dalam rangka mengimplementasikan program ini. Selain itu, kedepannya, BKKBN dengan UTY, akan segera melakukan riset bersama, untuk sukseskan program Bangga Kencana, dengan tujuan untuk mencari solusi, atas penanganan kasus stunting di Indonesia. Mengingat, kasus stunting, akan menjadi salah satu penghambat utama, dalam wujudkan generasi yang berkualitas di Indonesia kedepannya” kata MV Chinggih dalam pesannya.


Sementara itu, melalui sambutan dan pemaparan materinya, Dr. (H.C). dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), menyampaikan apresiasi kepada UTY, yang segera melakukan implementasi, atas nota kesepahaman kerjasama, yang baru saja ditandatangani bulan lalu. Artinya, UTY memiliki keinginan yang kuat, dalam rangka membantu pemerintah, untuk menyiapkan generasi Bangsa Indonesia yang berkualitas. Tentunya hal ini, sangat selaras dengan persiapan Indonesia, untuk wujudkan generasi emas tahun 2045 mendatang.


Dalam pemaparan materinya, Hasto turut menyampaikan bahwa setidaknya, terdapat 3 tantangan utama untuk mewujudkan generasi yang berkualitas di Indonesia saat ini, yaitu stunting, mental disorder, dan defabel/autusme. Sehingga, tentunya pencarian solusi yang efektif, untuk menangani ketiga hambatan tersebut, akan menjadi fokus utama bersama pemerintah dengan mitranya, termasuk UTY, dalam rangka wujudkan program Bangga Kencana.


“Maka dari itu, kami sangat mengucapkan terima kasih kepada UTY, yang secara sukarela dan berkomitmen untuk senantiasa membantu BKKBN, untuk melakukan tugas besar ini bersama-sama. Kami yakin, dengan keteguhan dan komitmen bersama, sangat mungkin Indonesia kedepannya, dapat memaksimalkan bonus demografi, yang sebentar lagi akan kita temui bersama.  Hingga kemudian, harapan Pemerintah untuk wujudkan generasi emas 2045, akan sangat mungkin kita gapai bersama-sama“ pesan Hasto dalam pemaparan materinya.


menu
menu