Tingkatkan Potensi Wisata Desa Somongari, Mahasiswa UTY Ciptakan Wisata Edukasi Berbasis Pemberdayaan Produksi Gula Semut Hingga Pembibitan

Tingkatkan Potensi Wisata Desa Somongari, Mahasiswa UTY Ciptakan Wisata Edukasi Berbasis Pemberdayaan Produksi Gula Semut Hingga Pembibitan

Tingkatkan Potensi Wisata Desa Somongari, Mahasiswa UTY Ciptakan Wisata Edukasi Berbasis Pemberdayaan Produksi Gula Semut Hingga Pembibitan


Setelah berhasil mengembangkan UMKM dengan output berupa produk gula semut (The Goela) di Desa Somongari, Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah, kali ini tim Program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3D) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), kembali melakukan kegiatan pengabdian masyarakat pada desa tersebut. Berbeda dengan kegiatan pengabdian sebelumnya, fokus dari tim P3D UTY kali ini, yaitu akan berfokus pada pengembangan wisata yang berbasis edukasi, yang bertempat di Desa Somongari. Adapun wisata edukasi yang dimaksud ialah wisata edukasi mengenai pengolahan nira kelapa menjadi gula semut, dan budidaya pembibitan tanaman hasil bumi yang terdapat di Desa Somongari seperti pembibitan kelapa.


Kegiatan ini dapat terlaksana, sebagai bentuk hasil realisasi dari hibah P3D, yang sebelumnya diterima oleh tim ini pada bulan Juni 2021 kemarin, dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Adapun anggota tim ini, terdiri atas 12 orang mahasiswa UTY dari berbagai prodi, antara lain dari Prodi Sistem Informasi, Psikologi, Arsitektur, Ilmu Komunikasi, Akuntansi dan Informatika.


Melalui kegiatan ini, tim P3D UTY secara rutin di setiap minggunya telah melakukan kunjungan ke Desa Somongari sebagai bentuk rutinitas pelaksanaan kegiatan. Tidak hanya diikuti oleh tim P3D saja, diketahui warga dari desa ini, turut berpartisipasi secara aktif membantu pelaksanaan kegiatan ini. Diketahui bahwa, kegiatan ini telah dilaksanakan sejak bulan Juli 2021 kemarin, dengan target, semua kegiatan akan diselesaikan oleh tim ini pada Bulan November 2021 mendatang.


Cintya Catur Maynescha Sari, selaku ketua tim P3D UTY, menyampaikan bahwa, kegiatan utama yang telah dilaksanakan oleh tim ini cukup beragam. Sebagai contohnya pada bulan Agustus hingga September 2021 kemarin, tim ini bersama dengan warga setempat, telah membangun berbagai fasilitas yang dibutuhkan dalam wisata edukasi yang sedang dikembangkan saat ini. Adapun fasilitas yang dimaksud tersebut yaitu berupa Gazebo dan Greenhouse. Selain itu, Cintya menyampaikan juga bahwa, selain pembuatan fasilitas tersebut, dirinya bersama dengan timnya, secara rutin telah melakukan kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di Desa Somongari ini. Kegiatan yang dimaksud berupa pelatihan mengenai public speaking, English for tour guide, beauty class, pemandu wisata, pelayanan prima, pengelolaan homestay hingga pelatihan mengenai kuliner. Semua kegiatan ini dilakukan, dalam rangka untuk mempersiapkan seluruh warga dan fasilitas yang dibutuhkan dalam pengembangan wisata edukasi di Desa Somongari.


Sementara itu, Puji Utomo, S.T., M.Eng, selaku dosen pembimbing dari Tim P3D ini, melalui pesannya, berharap agar kegiatan pengabdian ini kedepannya dapat terus berlanjut, dengan melibatkan sinergitas dan kolaborasi antara tim mahasiswa UTY, berbagai mitra di Desa, Pemerintah setempat hingga masyarakat di desa Somongari secara keseluruhan. Harapannya, pengabdian yang telah dilakukan ini, dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, dari mulai peningkatan pengetahuan dan keterampilan, perubahan mindset, serta peningkatan perekonomian masyarakat di Desa Somongari.


menu
menu