Kembali Raih Prestasi Di Tingkat Nasional, Sebanyak 17 Tim Mahasiswa UTY Berhasil Raih Hibah Pendanaan PKM Dan P2MW Pada Tahun 2024

Kembali Raih Prestasi di Tingkat Nasional, Sebanyak 17 tim Mahasiswa UTY berhasil Raih Hibah Pendanaan PKM dan P2MW pada tahun 2024

Kembali Raih Prestasi di Tingkat Nasional, Sebanyak 17 tim Mahasiswa UTY berhasil Raih Hibah Pendanaan PKM dan P2MW pada tahun 2024

Sebanyak 17 tim mahasiswa dari berbagai Prodi di Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), kembali berhasil meraih hibah pendanaan dari Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Kali ini, terdapat 9 tim mahasiswa UTY yang berhasil dan dinyatakan lolos untuk meraih pendanaan dari Pemerintah melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada tahun 2024, dengan jumlah pendanaan yang mencapai Rp69.320.000. Sedangkan sisanya, yaitu sebanyak 8 tim mahasiswa, juga dinyatakan berhasil meraih pendanaan dari Pemerintah melalui Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) tahun 2024, dengan jumlah pendanaan mencapai Rp105.640.000.


Tim mahasiswa yang berhasil meraih pendanaan PKM tersebut, diketahui terdiri atas 40 mahasiswa, yang berasal dari berbagai Prodi, seperti dari Prodi Akuntansi, Manajemen, Psikologi, Teknik Sipil, Arsitektur, Sistem Informasi, Informatika, dan Perencanaan Wilayah Kota. Adapun mahasiswa yang menjadi ketua dari ke-9 tim PKM yang memperoleh pendanaan tersebut tersebut antara lain ialah Muhammad Saifuddin Hizburrahman (meraih pendanaan PKM K), Nasrun Hidayattullah (meraih pendanaan PKM KC), Hefri Anesti Purnama (meraih pendanaan PKM KC), Ahmad Salim Hibatulloh (meraih pendanaan PKM KC), I Gede Widiantara (meraih pendanaan PKM KC), Mohammad Manshur Mustofa (meraih pendanaan PKM PM), Moh. Zainudin (meraih pendanaan PKM PM), Wafika Nur Hikmah (meraih pendanaan PKM RSH), dan Roihatul Janah (meraih pendanaan PKM RSH).


Sementara itu, untuk tim mahasiswa UTY yang berhasil meraih pendanaan P2MW, terdiri atas 33 mahasiswa, yang berasal dari beberapa Prodi, seperti Akuntansi, Manajemen, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Informatika, Teknik Sipil, dan Sains Data. Adapun yang menjadi ketua atas ke-8 tim P2MW tersebut, antara lain ialah Ahwaldi Noverizky Sutara (meraih pendanaan untuk kategori usaha Industri Kreatif, Seni, dan Budaya), Nia Kartika Putri (meraih pendanaan untuk kategori usaha Industri Kreatif, Seni, dan Budaya), Muhammad Rizky Nasution (meraih pendanaan untuk kategori usaha Makanan dan Minuman), Dhea Silviana Slamet (meraih pendanaan untuk kategori usaha Makanan dan Minuman), Davit Khoirul Mustakhim (meraih pendanaan untuk kategori usaha Jasa, Pariwisata dan Perdagangan), Adithiyo Indra Kusuma Budi Saputro (meraih pendanaan untuk kategori Jasa, Pariwisata dan Perdagangan), Muh. Rizal Taufik Rahmatulloh (meraih pendanaan untuk kategori Budidaya), dan yang terakhir ialah Aan Saputra (meraih pendanaan untuk kategori Budidaya).


Selain itu, apresiasi juga patut diberikan kepada beberapa dosen UTY, yang diketahui telah turut terlibat sebagai pendamping dan sekaligus pembimbing dari ke-17 tim yang telah memperoleh pendanaan PKM dan P2MW tersebut. Adapun dosen yang dimaksud ialah Puji Utomo, S.T., M.Eng dengan bimbingan sebanyak 3 tim PKM dan 2 tim P2MW; Adityo Permana Wibowo, S.Kom., M.Cs dengan bimbingan sebanyak 1 tim PKM; Ledy Elsera Astrianty, S.Kom., M.Kom dengan bimbingan sebanyak 1 tim PKM; Muhammad Zakariyah, S.Kom., M.Kom dengan bimbingan sebanyak 1 tim PKM; Moh. Ali Romli, S.Kom., M.Kom dengan bimbingan sebanyak 1 tim PKM; Yanies Novira Soedarmadi ,S.Psi.,M.Psi dengan bimbingan sebanyak 2 tim PKM; Widi Fajar Widyatmoko, S.Psi., MHRM., D.B.A dengan bimbingan sebanyak 2 tim P2MW; Dr. Junaidi M.Si., Ak., CA., CSRS dengan bimbingan sebanyak 1 tim P2MW; Gia Rizky, S.M.B., M.M dengan bimbingan sebanyak 1 tim P2MW; Ir. Cahyo Dita Saputro,. S.T., M.T dengan bimbingan sebanyak 1 tim P2MW; dan Briyan Efflin Syahputra, S.E., M.Ak dengan bimbingan sebanyak 1 tim P2MW.


Wakil Rektor IV Bidang Kreativitas, Kewirausahaan, dan Pengabdian Masyarakat UTY, MS Hendriyawan A, S.T., M.Eng., Ph.D, saat ditemui di ruangannya turut menyampaikan ucapan terima kasihnya dan mengapresiasi atas capaian ke-17 tim mahasiswa UTY tersebut. Menurutnya, raihan atas pendanaan melalui program PKM dan P2MW yang berhasil didapatkan oleh ke-17 tim UTY tersebut merupakan sebuah prestasi nasional, yang patut dibanggakan. Mengingat, ketatnya proses seleksi untuk memperoleh pendanaan tersebut.


“Lolosnya ke-17 tim mahasiswa melalui program PKM dan P2MW ini merupakan sebuah prestasi nasional yang sangat membanggakan. Mengingat ketatnya persaingan untuk memperoleh pendanaan tersebut secara nasional. Maka dari itu, sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan selamat atas raihan prestasi tersebut. Semoga raihan prestasi ini, dapat turut menginspirasi mahasiswa UTY lainnya, agar semakin termotivasi untuk meraih prestasi-prestasi lain kedepannya” ujar Hendriyawan.


Mengakhiri penyampaiannya, Hendriyawan juga berharap agar realisasi atas setiap program dari mahasiswa UTY yang berhasil memperoleh pendanaan PKM dan P2MW pada tahun ini, dapat berjalan dengan lancar, dan memenuhi setiap target yang diharapkan.


menu
menu