Mahasiswa UTY Ciptakan Alat Pakan Ikan Otomatis

Mahasiswa UTY Ciptakan Alat Pakan Ikan Otomatis

Mahasiswa UTY Ciptakan Alat Pakan Ikan Otomatis


Saat ini, kegiatan budidaya ikan sudah menjadi salah satu mata pencaharian bagi masyarakat di Indonesia, termasuk bagi masyarakat di daerah Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berdasarkan data statistik yang diperoleh dari BPS (Badan Pusat Statistik) dari tahun ke tahun, ternyata telah terjadi peningkatan usaha budidaya ikan sebesar 8,5%. Seiring dengan perkembangan usaha tersebut, tentunya dibutuhkan sebuah teknologi untuk memudahkan para pengusaha dalam budidaya ikan.


Kondisi tersebut kemudian mendorong Deki Setiawan, yang merupakan mahasiswa dari Prodi Teknik Industri UTY, untuk merancang sebuah alat bantu yang dapat memberi pakan ikan secara otomatis. Perancangan alat pakan ikan tersebut, diketahui dibuat sebagai produk luaran pada tugas akhir Deki yang dibimbing oleh Ferida Yuamita, ST., M.Sc.


Deki, selaku penemu alat pakan otomatis ini, menjelaskan bahwa alat yang diciptakannya ini, dalam prosesnya akan memanfaatkan Mikrokontroler Arduino ESP 8266 dan aplikasi Telegram.


“Kami berusaha, agar proses pemberian pakan otomatis ini dapat digunakan dengan mudah oleh para pengusaha ikan. Maka dari itu, dalam proses penggunaannya, alat pakan ini akan memanfaatkan Mikrokontroler Arduino ESP 8266 dan aplikasi telegram, yang akan menjadi media bagi para petani, untuk menyampaikan pesan perintah melalui fitur chat pada aplikasi telegram, untuk menjalankan alat pakan tersebut dari jarak jauh, tanpa harus mendatangi lokasi budidaya ikannya tersebut” ucap Deki.


Mengakhiri penjelasannya, Deki menyampaikan bahwa dengan adanya alat ini, maka tentu proses pemberian pakan ikan, khususnya bagi para pengusaha Budidaya Ikan di daerah Bantul dapat berjalan secara otomatis, cepat dan terpantau.


Sementara itu, Widya Setiafindari, S.T., M.T, Kaprodi Teknik Industri UTY, yang ditemui di ruangannya turut menyampaikan apresiasinya, atas capaian hasil yang telah diperoleh mahasiswa Teknik Industri UTY kali ini. Lebih lanjut, Widya juga menjelaskan, dengan adanya penemuan ini, kembali menjadi bukti bahwa mahasiswa Teknik Industri UTY, telah mampu untuk memenuhi capaian kompetensi yang memang diharapkan oleh Prodi.


“Kami sangat mengapresiasi atas hasil yang telah diperoleh mahasiswa kami kali ini. Sekali lagi, kita dapat melihat bahwa, mahasiswa Teknik Industri UTY dapat kembali memenuhi capaian kompetensi yang memang selalu kami harapkan sejak awal. Bahkan, alat yang telah diciptakan oleh Deki ini, mampu menjadi alat yang ternyata sangat implementatif, dan memang sangat dibutuhkan oleh para pengusaha budidaya ikan saat ini. Tentu capaian ini sangat membanggakan” ucap Widya.


Mengakhiri pesannya, Widya berharap agar hasil yang telah dicapai oleh Deki Setiawan ini melalui pengerjaan tugas akhirnya, dapat turut memotivasi mahasiswa UTY lainnya, khususnya mahasiswa di Prodi Teknik Industri UTY, untuk senantiasa berlomba-lomba menciptakan berbagai inovasi, yang memang memiliki dampak positif bagi lingkungan masyarakat.


menu
menu