Mahasiswa UTY Kembali Selenggarakan Sosialisasi Mengenai Potensi Dan Cara Budidaya Ikan Cethol Bagi Warga Desa Selomartani

Mahasiswa UTY Kembali Selenggarakan Sosialisasi mengenai Potensi dan Cara Budidaya Ikan Cethol bagi Warga Desa Selomartani

Mahasiswa UTY Kembali Selenggarakan Sosialisasi mengenai Potensi dan Cara Budidaya Ikan Cethol bagi Warga Desa Selomartani


Dalam rangka untuk menarik minat para pembudidaya ikan di daerah Selomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, tim Program Holistik Pembinaaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) UTY, kembali menyelenggarakan kegiatan sosialisasi, mengenai peningkatan produksi budidaya ikan cethol. Kegiatan ini, diketahui telah berlangsung sejak bulan Oktober 2021, yang bertempat di area Pasar Mina, Kaliwaru, Selomartani, Kalasan, Sleman. Diketahui bahwa, kegiatan sosialisasi ini dapat terlaksana, atas hasil dari kegiatan kunjungan dan riset, yang sejak tanggal 12 September 2021 lalu, telah dilakukan oleh tim PHP2D UTY di berbagai instansi terkait mengenai potensi dan budidaya ikan cethol. Adapun instansi terkait yang dimaksud diantaranya ialah Dinas Perikanan Kabupaten Bantul, Dinas Perikanan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, BPTPB Cangkringan, Dinas Perikanan Kabupaten Magelang, hingga melakukan pengambilan data di Fakultas Perikanan Universitas Gadjah Mada.


Kegiatan sosialisasi ini, diketahui telah dihadiri oleh para peserta yang merupakan bagian dari kelompok pasar Mina Raya itu sendiri, serta diikuti juga oleh para pembudidaya ikan, yang sebelumnya telah termasuk ke dalam kelompok pasar Mina Raya, hingga kemudian saat ini diketahui telah memiliki budidaya ikan secara mandiri.


“Harapannya, dengan terlaksananya sosialisasi ini, para pembudidaya ikan, dapat memahami potensi dari budidaya ikan cethol, hingga kemudian dapat meningkatkan hasil produksi ikan cethol kedepannya, sebagai salah satu bahan utama untuk membuat rempeyek ikan, yang ternyata sangat diminati” ucap Ridho Arinal Haqqa, yang merupakan ketua dari Tim PHP2D UTY tahun ini.


Sementara itu, Sri Hartono, yang merupakan Ketua Kelompok Pasar Mina Raya, yang ditemui disela-sela kegiatan sosialisasi ini, turut menyampaikan bahwa, kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan oleh tim PHP2D UTY ini merupakan sebuah pengetahuan baru, yang memang sangat diperlukan oleh kelompok Pasar Mina Raya saat ini.


“Dengan terlaksananya sosialisasi ini, kami selaku para pembudidaya ikan, sangat terbantukan sekali dengan mendapatkan pengetahuan baru, mengenai potensi dan cara membudidayakan ikan cethol. Hal ini dikarenakan, kami selama ini tidak pernah melakukan  budidaya ikan cethol. Saat ini kami masih melakukan budidaya ikan jenis lainnya, seperti ikan nila, bawal dan lele. Sehingga, dengan adanya sosialisasi ini, kami akhirnya memahami besarnya potensi ikan cethol, yang hasilnya nanti dapat dijadikan sebagai bahan untuk produksi pembuatan rempeyek ikan, dimana peminatnya tinggi sekali” ungkap Sri hartono.


Perlu diketahui bahwa, kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan oleh tim PHP2D UTY ini, merupakan bentuk dari realisasi dari program hibah PHP2D, yang sebelumnya telah diterima oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur UTY, dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Tim yang terbentuk, diketahui terdiri atas 12 orang mahasiswa, yang merupakan anggota aktif dari organisasi mahasiswa UTY tersebut. Adapun dosen pembimbing dari tim ini, diketahui ialah Luhur Sapto Pamungkas, ST., MT, yang merupakan dosen Prodi Arsitektur UTY.


menu
menu