Padukan Sejarah& Psikologi, Telusuri Perilaku Politik Bangsa: Mahasiswi Psikologi UTY Juara Pertama Esai Nasional

Padukan Sejarah& Psikologi, Telusuri Perilaku Politik Bangsa: Mahasiswi Psikologi UTY Juara Pertama Esai Nasional

Padukan Sejarah& Psikologi, Telusuri Perilaku Politik Bangsa:

Mahasiswi Psikologi UTY Juara Pertama Esai Nasional

Berjudul esai “The AEC System Is The Mother’s Linguistic For The Millenial Society: Anatomi Psikologis Dibalik Dinamika Kesesatan Persepsi Dalam Peran Legislatif dan Masyarakat di Indonesia,” karya Rara Ayu Paradise, mahasiswa psikologi UTY angkatan 2018, berhasil memenangkan Festival Legislatif tingkat nasional. Dalam ajang lomba yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ), pada akhir Oktober lalu, yang bertemakan “Lembaga Legislatif di Mata Milineal, Rara berhasil menjadi juara pertama.

Dalam esainya, Rara menyoroti atribusi perilaku antara masyarakat dengan lembaga legislatif. Menurut Rara, sejarah bangsa Indonesia yang pernah berada pada masa kerajaan dan penjajahan kolonial, memunyai andil besar dalam melihat fenomena ini. Teori Carl Gustav Jung mengenai ketaksadaran kolektif dan dan teori Urie Bronfenbrener mengenai teori ekologi perkembangan, menjadi pintu analisis yang digunakan Rara.

Menururt Rara, perilaku Legislatif yang menghendaki agar perundang-undangan yang dibuat dapat ditaati oleh masyarakat, tidak lepas dari memori kolektif ketaksadaran manusia yang pernah berada di zaman kerajaan. Pada sistem kerajaan, apa yang dititahkan raja, selalu dianggap sesuatu yang harus dipatuhi. Sementara masyarakat yang berusaha kritis terhadap produk perundangan-undangan, tidak ubahnya dari kataksadaran masyarakat pada zaman kolonial.

Kaprodi Psikologi UTY, Aneke Dewi Rahayu, S.Psi., M.A., menyampaikan agar Rara dapat menularkan bakat menulisnya serta memotivasi kepada rekan-rekan mahasiswa yang lain. “Saya berharap agar Rara terus mengikuti berbagai macam kompetisi, untuk terus berprestasi” kata Aneke.

menu
menu