Rektorat UTY Mulai Sosialisasikan Pelaksanaan Program Kegiatan Kuliah Di Luar Kampus

Rektorat UTY Mulai Sosialisasikan Pelaksanaan Program Kegiatan Kuliah di Luar Kampus

Rektorat UTY Mulai Sosialisasikan Pelaksanaan Program Kegiatan Kuliah di Luar Kampus


Pada hari Selasa dan Rabu, tepatnya pada tanggal 21 dan 22 Juni 2022, Rektorat Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) telah melakukan sosialisasi mengenai kegiatan kuliah di luar kampus, yang kedepannya akan dilaksanakan oleh UTY. Kegiatan ini, diketahui telah dilaksanakan secara luring, yang bertempat di Ruang Sidang Lantai 3 Kampus 1 UTY, yang dihadiri oleh rektor, wakil rektor, dekan/direktur, kaprodi dan sekretaris prodi, serta beberapa kepala UPT/Bidang yang berada di lingkungan UTY. Selain itu, turut hadir juga ketua tim penyusun buku panduan, untuk masing-masing pilihan program kuliah di luar kampus, yang nantinya akan dilaksanakan oleh UTY.


Kegiatan kuliah di luar kampus, merupakan salah satu bagian utama dari kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), yang memang sejak tahun 2020 sudah di implementasikan oleh UTY. Melalui program tersebut, nantinya setiap mahasiswa UTY akan mengikuti perkuliahan di luar kampus selama 2 semester. Tentu, dalam pelaksananya, akan terdapat beberapa pilihan jenis kegiatan di luar kampus, yang nantinya dapat dipilih oleh mahasiswa UTY, menyesuaikan passion-nya masing-masing.


Pada hari pertama, acara sosialisasi tersebut langsung dibuka dan dipaparkan oleh Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA, selalu Rektor UTY. Dalam pemaparannya, Bambang secara mendetail telah menjelaskan bagian pendahuluan, yang kemudian menjadi latar belakang diimplementasikannya program MBKM di UTY, khususnya terkait dengan kegiatan kuliah di luar Kampus.


Pada hari yang sama, setelah pemaparan yang telah disampaikan oleh Rektor UTY, sosialisasi dilanjutkan oleh Bahagia Tarigan, S.E., M.Si., Akt., CA., CPA , yang merupakan Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Keuangan UTY. Dalam pemaparannya, Bahagia diketahui telah menjelaskan mengenai kebijakan dan prosedur kegiatan kuliah di luar kampus, yang nantinya akan dilaksanakan oleh UTY. Terakhir, pada hari kedua, kegiatan sosialisasi telah dipaparkan oleh Dr. Arief Hermawan, MT, yang merupakan Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Riset UTY. Dalam sosialisasinya, Arief secara mendetail, telah menjelaskan mengenai teknis pelaksanaan dari kegiatan kuliah di luar kampus tersebut. 


Rektor UTY, dalam sambutan awalnya menyampaikan bahwa, acara sosialisasi yang dilaksanakan selama 2 hari ini, akan berfokus untuk menyampaikan secara mendetail, mengenai kegiatan kuliah di luar kampus kepada setiap pejabat struktural yang hadir. Hal ini dilakukan, demi menyamakan pemahaman dan persepsi terkait kegiatan kuliah di luar kampus, yang akan dilaksanakan oleh UTY dalam waktu mendekat.


“Selama 2 hari ini, kita akan berfokus dan belajar bersama-sama serta berdiskusi terkait dengan kegiatan kuliah di luar kampus, yang dalam waktu mendekat akan kita laksanakan bersama-sama. Tepatnya pada awal tahun 2023 mendatang, kita akan mengirimkan setiap mahasiswa kita, yaitu mahasiswa angkatan tahun 2020 untuk mulai melaksanakan kegiatan kuliah di luar kampus, dengan berbagai pilihan jenis program, yang nantinya dapat dipilih oleh setiap mahasiswa UTY, menyesuaikan minat dan bakatnya masing-masing. Besar harapannya, melalui program ini setiap mahasiswa UTY selama 1 tahun, akan memperoleh berbagai pengalaman secara langsung dari berbagai tempat/industri, yang menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan kuliah di luar kampus tersebut. Hal ini demi mewujudkan harapan UTY, untuk dapat menghasilkan mahasiswa yang cepat lulus, cepat untuk berkarir, dan cepat untuk meraih kesuksesan, sesuai dengan passion-nya masing-masing” ucap Bambang.


menu
menu